Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Jimny Diproduksi di India, Ini Kata Suzuki Indonesia

Kompas.com - 14/04/2020, 13:41 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar Suzuki akan memproduksi Jimny di India makin santer terdengar. Beberapa media lokal mengatakan bila SUV legendaris Suzuki tersebut akan muncul dalam dua versi.

Lantas bagaimana dengan nasib PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), karena sejak tahun lalu SIS sudah mengajukan ke prinsipal untuk memproduksi Jimny di Cikarang, Jawa Barat.

Menaggapi hal ini, Donny Saputra, Marketing Pemasaran Roda Empat PT SIS, menjelaskan bila kabar tersebut belum bisa dipastikan karena tidak ada pernyataan resmi, baik dari pihak Suzuki India maupun prinsipal.

Baca juga: Melanggar Aturan PSBB di Bogor, Izin Operasional Angkot Bakal Dicabut

"Jimny di produksi di India, jadi tunggu (informasi) dari prinsipal kami. Selama ini hanya rumor dari media-media luar, ada yang bilang tiga pintu atau lima pintu. Tanggapan kami tunggu validasi infonya," ucap Donny kepada media beberapa hari lalu.

Test Drive Suzuki Jimny Test Drive Suzuki Jimny

Sebelumnya Suzuki Indonesia memang sedang beroproses meminta restu pihak prinsipal agar bisa memproduksi Jimny di Indonesia. Namun sampai saat ini sendiri belum ada keputusan resminya.

Kabar Jimny akan diproduksi di India pun sudah mulai ramai dari awal 2020. Bahkan Autocar India belum lama ini menjelaskan bila Maruti Suzuki akan memproduksi Jimnya dalam dua versi, yakni tiga pintu dan lima pintu.

Baca juga: Suzuki Jimny Long 5 Pintu Meluncur Akhir 2020?

Untuk model tiga pintu akan diproduksi di pabrik Hansalpur, Gujarat, India, pada Juni 2020 nanti. Tapi model tersebut dibuat guna memenuhi kebutuhan ekspor.

Test Drive Suzuki JimnyMotor1 Test Drive Suzuki Jimny

Sedangkan Jimny lima pintu lebih untuk pasar domestik yang akan dipasarkan sebesar 10 lakh atau bila dicairkan dalam rupiah mencapai Rp 216 jutaan.

Namun itu pun masih dalam tahap pengembangan, karena belum ada kepastian dari Maruti Suzuki sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com