Ketahui Seberapa Isi Bensin Motor Sudah Full Tank

Kompas.com - 05/03/2020, 08:22 WIB
Isi bensin self service KOMPAS.com/RulyIsi bensin self service

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengisi bahan bakar minyak (BBM) bensin sudah menjadi rutinitas pengguna kendaraan bermotor, termasuk pengendara sepeda motor. Aktivitasnya, ada yang beli beberapa liter, tidak sedikit juga yang kerap bilang penuh alias full tank pada petugas SPBU.

Bagi pengendara yang sering mengisi sampai penuh, harus mengetahui seberapa batas aman dari tangki motor. 

“Untuk mengetahui batas amannya, bisa dilihat pada mulut tangki. Usahakan bensin rata dengan lubang tutup tangki bagian bawah,” ucap Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) kepada Kompas.com, Rabu (4/3/2020).

Baca juga: Isuzu Panther Gaya Anak Kuliahan, Tenaga Melonjak Drastis

Batas isi bensin motorKompas.com/Fathan Radityasani Batas isi bensin motor

Batas ini berlaku untuk semua tipe motor. Jika melewati sedikit dari batas tutup tangki bagian bawah, sebenarnya tidak masalah, asalkan tidak sampai keluar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika sampai luber, akan disalurkan melalui selang menuju darat. Tetapi, jika kondisi saluran pembuangan ini kurang baik, bensin bisa menetes ke mana-mana.

“Kondisi saluran yang tidak baik bisa menyebabkan api kalau ada pemicunya. Agar lebih aman ya isi bensin penuh jangan sampai luber, itu saja,” Kata Endro.

Mengenai masalah sirkulasi udara, melalui tutup tangki bensin. Jadi tidak ada masalah ketika mengisi bensin motor sampai penuh.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X