Pilih Diesel atau Bensin, Mobil Bekas Mana yang Lebih Mahal?

Kompas.com - 22/02/2020, 08:22 WIB
Mobil diesel di pasar mobil bekas Otomania/Setyo AdiMobil diesel di pasar mobil bekas

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara mesin kendaraan, konsumen otomotif akan langsung tertuju pada dua pilihan utama, yaitu mobil dengan mesin diesel atau bensin.

Kedua jenis mesin ini memiliki keunggulan masing-masing, baik dari segi mekanisme maupun penggunaan bahan bakar. Lalu mana yang lebih mahal?

Baca juga: 2 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengendara Motor Kopling

Dari segi harga, mobil bermesin diesel memang relatif lebih mahal dibandingkan dengan bensin. Banyak yang bilang jika material mesin diesel lebih kuat, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk membeli mobil ini otomatis lebih besar.

Herjanto Kosasih, Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan, mobil diesel memang selalu ramai peminat.

Tanjakan ekstrem dilibas dengan mudah pakai Kijang Innova DieselKompasOtomotif Tanjakan ekstrem dilibas dengan mudah pakai Kijang Innova Diesel

Baca juga: Pakai Mobil Transmisi Matik, Jangan Pakai Kaki Kiri Saat Injak Pedal Rem

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Contoh yang paling banyak dicari mobil Innova diesel, begitu datang ke sini (WTC Mangga Dua) seminggu kemudian pasti laku. Walau harganya relatif lebih mahal, peminatnya tetap banyak, tetapi yang mau jual sedikit,” ujar Herjanto kepada Kompas.com belum lama ini di Jakarta.

Herjanto menjelaskan, memang mesin diesel dikenal cukup bandel dan irit bahan bakar, tidak heran jika banyak konsumen yang rela mengeluarkan dana yang lebih besar untuk membeli mobil tersebut.

”Untuk harga bekas Toyota Kijang Innova Venturer diesel itu hampir Rp 400 juta, padahal dengan budget segitu mereka sudah bisa dapat mobil baru," ujar Herjanto.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Fransisca FA, Ketua Innova Community, “Untuk harga beli memang diesel lebih mahal, karena lebih irit dan memiliki torsi yang besar. Namun untuk kedepannya, biaya pemakaiannya jauh lebih murah ketimbang mobil dengan mesin bensin, asal pemakaian dan perawatannya dilakukan dengan benar,” ujar Fransica.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.