Kenapa Polisi Tidak Pakai Motor Sport Full Fairing?

Kompas.com - 11/02/2020, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggunakan berbagai macam model motor gede (moge) sebagai kendaraan dinasnya.

Tapi, jika diperhatikan, dari semua deretan moge polisi, tidak ada yang menggunakan model motor sport full fairing.

Beberapa moge polisi yang digunakan saat ini, antara lain Yamaha Diversion XJ900P, FJR 1300, Harley-Davidson Electra Glide Ultra Classic, Honda Gold Wing, BMW R 1200 GS, R 1200 RT, K 1600 B, Victory Vision dan Commander Police.

Baca juga: Punya Tenaga Besar, Ini Fungsi dari Moge Polisi Indonesia

Dari deretan moge polisi di atas, rata-rata modelnya touring atau sport touring. Tidak ada motor sport full fairing, seperti Yamaha YZF-R1, Honda CBR1000RR, Suzuki GSX-R1000, atau Kawasaki Ninja ZX-10R.

Moge polisi di Indonesia tidak ada yang menggunakan motor sport full fairing.quora.com Moge polisi di Indonesia tidak ada yang menggunakan motor sport full fairing.

Aiptu Bambang Margono, Instruktur Safety Riding & Safety Driving Ditlantas Polda Metro Jaya Indonesia, mengatakan, motor sport full fairing dinilai tidak etis untuk melakukan pengawalan, karena posisi berkendaranya yang membungkuk.

"Seorang pengawal harus terlihat tegap, tapi tetap terampil. Dengan gaya motor ini, dibutuhkan latihan yang lebih berat dibanding road race," ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: 5 Moge Polisi Indonesia yang Harganya Selangit

Bambang menambahkan, untuk melakukan pengejaran terhadap pelaku krimanal, tidak harus motor sport full fairing.

Hal tersebut menurut Bambang dinamakan teknik dasar polisi, karena kepolisian mengadopsi teknik road race dan motocross.

Sedangkan untuk kebutuhan patroli, yang bisa memakan waktu berjam-jam, tentunya polisi menginginkan kendaraan dinas yang nyaman.

Sebab, moge polisi juga umumnya dilengkapi dengan berbagai aksesori tambahan, seperti rotator dan sirene.

Namun, ada juga negara lain yang menggunakan motor sport full fairing sebagai kendaraan dinas kepolisiannya, yaitu Inggris. Di sana, polisi ada yang dilengkapi dengan motor Ducati 1199 Panigale.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.