Kampas Rem Mobil Matik Sering Minta Jajan, Coba Pakai Trik Ini

Kompas.com - 11/02/2020, 09:12 WIB
Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram. STANLY RAVEL-KOMPAS.comIlustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bertransmisi matik memang terbilang lebih praktis karena pengendara akan lebih santai, dan tak perlu repot untuk memindahkan transmisi atau menggerakkan kedua kaki. Namun, ternyata ada konsekuensi di balik kemudahan tersebut.

Mobil bertransmisi matik terbilang lebih boros dalam penggunaan kampas rem, hal ini dikarenakan pemakaian rem pada mobil bertransmisi matik akan jauh lebih aktif dibandingkan dengan mobil yang bertransmisi manual.

Baca juga: Harga Motor Adventure Februari 2020 Bergeming

Menurut Anjar Rosjadi selaku Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), ada beberapa cara untuk membuat kampas rem tidak cepat habis.

Namun, yang paling penting pastikan rem kampas yang digunakan adalah barang orisinal.

“Kemudian, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkala. Karena ampas dari kampas rem pasti mengotori area tersebut. Maka dari itu, harus selalu dibersihkan,” ujar Anjar kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Mengenali gejala kampas rem menipiswww.team-bhp.com Mengenali gejala kampas rem menipis

Baca juga: Honda Belum Mau Ikutan Pakai Alat Bantu Start

Selain itu, pengendara mobil yang agresif ketika berkendara juga bisa membuat kampas rem cepat habis.

“Mengemudi secara agresif itu biasanya gas rem gas rem, pola penekanan gasnya cenderung kencang. Hal ini juga bisa membuat kampas rem cepat menipis,” ujar Anjar.

Kebiasaan lain dari pemilik mobil yang bisa membuat kampas rem cepat habis adalah lebih suka menahan pedal rem dengan kaki dibandingkan mengaktifkan rem tangan saat berhenti. Kondisi ini pasti akan menyebabkan kampas rem cepat habis.

“Ketika berada di tengah kemacetan, sebaiknya menggunakan rem tangan dan pastikan posisi tuas di netral (N). Jadi, ketika kendaraan maju, tidak akan ada gesekan yang terlalu berat antara cakram dan kampas rem,” ujar Anjar.

Terakhir, Anjar mengingatkan untuk menggunaan minyak rem yang kondisi dan kualitasnya bagus, jadi bisa memaksimalkan fungsi dari kampas rem itu sendiri.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X