Modifikasi Mobil Jangan Sampai Mubazir dan Berbahaya

Kompas.com - 11/02/2020, 08:12 WIB
spoiler mobil Kompas.com/Fathan Radityasanispoiler mobil

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi mobil memang menyesuaikan bagaimana keinginan dari pemilik kendaraan tersebut.

Namun modifikasi bagian eksterior juga harus memperhatikan kebutuhan dan jangan berlebihan, apalagi sampai membahayakan diri sendiri atau pengguna jalan lain.

Sony Susmana, direktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan ada beberapa modifikasi eksterior mobil yang membahayakan.

1. Pemasangan Bull Bar pada bemper depan mobil

Pemasangan aksesoris bull bar pada bemper depan mobil dapat membahayakan. Jika terjadi kecelakaan, bull bar yang terbuat dari besi bisa membuat dampak semakin parah.

Baca juga: Virus Corona Diprediksi Guncang Industri Otomotif Global

“Pabrikan sudah mendesain bemper dan kap mesin dengan material yang mengurangi risiko kecelakaan. Kalau ditambah bull bar yang terbuat dari besi, dampak kecelakaan bisa lebih parah,” ucap Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

modifikasi pelek besarKompas.com/Fathan Radityasani modifikasi pelek besar

2. Mengganti pelek dengan ukuran lebih besar dua inci dari standar

Menggunakan pelek besar memang mendongkrak penampilan dari mobil. Namun disarankan untuk maksimal lebih besar dua inci dari ukuran yang standar.

“Jika mengganti pelek, perhatikan juga bahannya, harus yang benar dan sesuai kebutuhan/tenaga mesin. Pelek yang tidak sesuai akan mudah rusak atau lebih parah bisa merusak sumbu roda. Akibatnya bisa terjadi pelek yang copot ketika mobil di kecepatan tinggi,” ucap Sony.

3. Camber yang terlalu negatif

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X