Mau Belajar Mengemudi, Baiknya Mobil Manual Dulu atau Matik?

Kompas.com - 01/02/2020, 08:02 WIB
Tuas transmisi BMW X1 masih memakai model lama langkap dengan i-Drive Kompas.com - AFHTuas transmisi BMW X1 masih memakai model lama langkap dengan i-Drive

DEPOK, KOMPAS.com – Mobil pada umumnya memiliki dua jenis transmisi, ada yang manual dan otomatis. Ketika belajar menyetir, ada yang bilang harus bisa manual dulu, baru otomatis. Namun apakah hal tersebut masih berlaku saat ini?

Marcell Kurniawan, Training Director dari The Real Driving Centre (RDC), kursus mengemudi di Depok, mengatakan, kalau sekarang, belajar transmisi otomatis tidak harus belajar yang manual terlebih dahulu. Peserta bisa memilih kursus transmisi manual atau otomatis, bahkan bisa langsung kursus dua-duanya.

“Kalau kursus di RDC bisa memilih mau transmisi manual atau otomatis, karena melihat fakta sekarang banyak yang mobil pertamanya memiliki transmisi otomatis. Jadi tidak harus belajar manual dulu baru boleh belajar yang otomatis, tapi tidak menutup kemungkinan jika ada yang ingin belajar keduanya,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Jumat (31/1/2020).

Baca juga: Peredam Lantai Mobil, Perlukah Ditambah?

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Tidak banyak perbedaan cara antara belajar transmisi manual dan otomatis. Paling ada sedikit perbedaan pada saat praktik stop and go di transmisi otomatis akan lebih cepat dari pada transmisi manual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ketika praktik stop and go pada mobil transmisi otomatis akan lebih cepat dari pada manual. Hal tersebut dikarenakan mobil yang manual butuh penyesuaian dengan teknik melepas pedal koplingnya,” kata Marcell.

Menyangkut regulasi lalu lintas di jalan, lanjut Marcell, semua jenis mobil baik transmisi manual maupun matik, wajib memenuhi aturan yang sama. 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.