Jangan Salah, Aki MF Ternyata Tetap Butuh Perawatan

Kompas.com - 29/01/2020, 08:42 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski memiliki julukan atau status maintenance free (MF), tapi anggapan kalau aki kereing tak butuh perawatan rasanya tidak sepenuhnya benar.

Sahrudin, selaku Techincal Advisor Quality Assurance PT Astra Otoparts, menjelaskan, bila aki MF, khususnya untuk pengguna mobil di Indonesia tetap butuh perawatan berkala.

"Cuaca di sini (Indonesia) umumnya panas, ditambah dengan letak posisi aki mobil yang ada di mesin itu kan temperatur tinggi, jadi menyebabkan penguapan cairan yang ada di aki itu terjadi lebih cepat dibandingkan umur akinya sendiri," papar Sahrudin kepada Kompas.com, Selasa (28/1/2020).

Baca juga: Aki Mobil Matik Soak, Hanya Ini Solusinya

Lebih lanjut Sahrudin menjelaskan, dikarenakan adanya hal tersebut, saat ini model aki MF yang beredar di Indonesia juga mulai berubah.

Dari awalnya dibuat benar-benar kedap tanpa ada bukaan, kini arahnya sudah bisa dibuka yang berguna untuk mengisi cairan aki sewaktu volumenya mulai menyusut akibat penguapan tadi.

Ilustrasi aki MF Ilustrasi aki MF

"Pada dasarnya dari pabrikan memang cairan di aki MF itu dibuat cukup sampai aki itu rusak, tapi karena adanya faktor tadi di Indonesia, makanya sekarang konsep arah aki MF bisa dibuka untuk perawatan," ucap Sahrudin.

"Kalau kita bandingkan negara lain, seperti Eropa dengan kondisi cuaca yang cenderung stabil, bahkan ada juga yang posisi akinya di letakan di lokasi lain, mungkin bisa benar-benar bebas perawatan," kata dia.

Baca juga: Amankah Jumper Aki Pakai Powerbank?

Meski tetap butuh perawatan berupa penambahan cairan, tapi menurut Sahrudin intensitasnya tidak akan sesering aki biasa. Pemilik mobil bisa melakukan pengecekan sendiri dengan melihat kondisinya paling tidak satu bulan sekali.

Aki konvensioanl masih kering dan baru diisi cairan saat akan digunakan.Stanly/KompasOtomotif Aki konvensioanl masih kering dan baru diisi cairan saat akan digunakan.

"Kalau sudah kurang tambah saja, tapi pada aki MF itu memang penyusutan cairan akan lebih lama dari aki biasa. Ini hanya berlaku untuk aki MF mobil, kalau motor tidak," ujar Sahrudin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.