Amankah Jumper Aki Pakai Powerbank?

Kompas.com - 28/01/2020, 18:06 WIB
. THINKSTOCKPHOTOS.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era modern saat ini semua alat sudah serba canggih, yang dulunya konvesional saat ini sudah bisa ringkas termasuk dalam hal menangani kendaraan.

Salah satunya soal aki. Biasanya saat aki soak kita hanya bisa jumper dengan aki lainnya. Namun saat ini sudah bisa jumper aki menggunakan powerbank.

Powerbank di sini tentu saja untuk yang memiliki kapabilitas khusus aki, dan sudah banyak dijual bebas di pasaran, termasuk jual beli on-line.

Danang Pinandhito Service Manager Auto2000 Jatiasih membenarkan hal tersebut, bahwa aki bisa dijumper menggunakan powerbank, namun tetap ada catatannya.

“Saat ini memang sudah ada powerbank yang dilengkapi dengan fitur jumper aki, sehingga bisa membantu memberikan listrik tambahan saat aki tidak kuat untuk distarter,” ujar Danang kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (28/01/2020)

Baca juga: Kenali Persamaan Aki Kering dan Aki Basah

Ilustrasi pemasangan aki mobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi pemasangan aki mobil

Tetapi itu hanya dalam keadaan darurat dan membantu menghidupkan mesin mobil. Bukan membuat aki soak menjadi sehat kembali.

Aki yang sudah soak tetap harus dilakukan pergantian di bengkel resmi terdekat.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Suparna Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak. Dijelaskan, ini lebih ke soal praktis, karena tidak membutuhkan aki mobil lain.

“Powerbank sebenarnya memiliki cara kerja yang sama dengan baterai biasa, hanya saja lebih praktis,” ujar Suparna kepada Kompas.com, Selasa (28/01/2020)

Suparna menjelaskan menggunakan powerbank aman-aman saja untuk dilakukan selama voltage-nya sama dan dilakukan dengan cara yang benar.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X