Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Jumper Aki Pakai Powerbank?

Kompas.com - 28/01/2020, 18:06 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era modern saat ini semua alat sudah serba canggih, yang dulunya konvesional saat ini sudah bisa ringkas termasuk dalam hal menangani kendaraan.

Salah satunya soal aki. Biasanya saat aki soak kita hanya bisa jumper dengan aki lainnya. Namun saat ini sudah bisa jumper aki menggunakan powerbank.

Powerbank di sini tentu saja untuk yang memiliki kapabilitas khusus aki, dan sudah banyak dijual bebas di pasaran, termasuk jual beli on-line.

Danang Pinandhito Service Manager Auto2000 Jatiasih membenarkan hal tersebut, bahwa aki bisa dijumper menggunakan powerbank, namun tetap ada catatannya.

“Saat ini memang sudah ada powerbank yang dilengkapi dengan fitur jumper aki, sehingga bisa membantu memberikan listrik tambahan saat aki tidak kuat untuk distarter,” ujar Danang kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (28/01/2020)

Baca juga: Kenali Persamaan Aki Kering dan Aki Basah

Ilustrasi pemasangan aki mobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi pemasangan aki mobil

Tetapi itu hanya dalam keadaan darurat dan membantu menghidupkan mesin mobil. Bukan membuat aki soak menjadi sehat kembali.

Aki yang sudah soak tetap harus dilakukan pergantian di bengkel resmi terdekat.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Suparna Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak. Dijelaskan, ini lebih ke soal praktis, karena tidak membutuhkan aki mobil lain.

“Powerbank sebenarnya memiliki cara kerja yang sama dengan baterai biasa, hanya saja lebih praktis,” ujar Suparna kepada Kompas.com, Selasa (28/01/2020)

Suparna menjelaskan menggunakan powerbank aman-aman saja untuk dilakukan selama voltage-nya sama dan dilakukan dengan cara yang benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com