Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Beli Motor Trail Kompetisi?

Kompas.com - 28/01/2020, 09:02 WIB
Yamaha YZ 125 dan YZ 250 di stan Yamaha di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019. Kompas.com/DonnyYamaha YZ 125 dan YZ 250 di stan Yamaha di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum membeli motor trail kompetisi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebab, motor dengan mesin SE ( Special Engine) ini berbeda jika dibandingkan dengan motor trail legal atau jalan raya.

Andi Lupus, Manajer Tim RPD MX, mengatakan, sebelum membeli motor trail kompetisi, hendaknya disesuaikan dengan usia pengendaranya. Sebab, usia akan berpengaruh untuk ikut balap di kelas apa.

Baca juga: Mau Beli Motor Trail Kompetisi, Lihat Pilihannya dari APM dan Importir

"Mesinnya perlu didengarkan, sewaktu hidup terdengar suara yang aneh atau tidak. Kalau ada suara yang aneh atau mengganjal, sebaiknya cari motor lain saja," ujar Andi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Motor trail Beta di GIIaS 2019Kompas.com/Setyo Adi Motor trail Beta di GIIaS 2019

Andi menambahkan, bagian lain yang harus ada yaitu manual book atau petunjuk penggunaan untuk pemilik. Sebab, di manual book ini umumnya juga tercantum informasi mengenai tips perawatan dan lainnya.

"Suspensi depan dan belakang perlu diperhatikan, bagaimana karakternya saat naik dan turun," kata Andi.

Baca juga: Jangan Asal Beli, Kenali Beda Motor Trail Biasa dan Tipe Kompetisi

Menurut Andi, membeli motor dengan mesin SE ini tidak sulit. Sebab, rata-rata sudah bagus semua, jarang ada cacat jika beli dalam kondisi baru.

Tjok Vicky, Manajer Tim Bali MX, menganjurkan, untuk menyesuaikan dengan fisik dari pengendaranya, seperti tinggi badan dan berat badannya. Setelah itu, baru perhatikan bagian mesin dan lainnya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X