Bus Kecil Sudah Dilarang Pakai Sasis Truk

Kompas.com - 21/01/2020, 18:23 WIB
karoseri bus medium Kompas.com/Fathan Radityasanikaroseri bus medium

BOGOR, KOMPAS.comMedium bus merupakan bis ukuran menengah dengan panjang 6,5 sampai 8,5 meter. Pembuatan medium bus saat ini harus menggunakan sasis (kerangka) khusus untuk kendaraan penumpang, tidak boleh menggunakan sasis untuk angkutan barang.

Jika tidak mengikuti aturan tersebut, pembuatan Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB) untuk medium bus tidak diizinkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Winston Wiyanta, Managing Director karoseri Delima Jaya Group di Bogor mengatakan kalau pembuatan medium bus di karoseri harus menggunakan sasis mobil penumpang.

Baca juga: Hitung Beli Mobil Baru Buat yang Punya Gaji di Bawah Rp 10 Juta

casis mobil penumpangKompas.com/Fathan Radityasani casis mobil penumpang

“Jadi dari ATPM nya kita beli sasis yang SK landasannya untuk penumpang. Kalau yang untuk barang, nanti tidak keluar izinnya, sekarang kalau tidak ada izinnya, tidak bisa ikut uji kir, jadi tidak bisa dipakai busnya,” ucap Winston kepada Kompas.com, Selasa (21/1/2020).

Winston menambahkan, karena bus yang dibuat dari karoseri itu baru, jadi harus mengurus STNK dan harus uji kir. Jadi untuk medium bus yang baru, sudah tidak menggunakan sasis mobil barang.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X