Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikebut, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Bisa Digunakan Saat Lebaran

Kompas.com - 21/01/2020, 17:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui kelompok usahanya, PT Jasa Marga Japek Selatan (JJS), optimistis proyek pengerjaan sebagian paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan bisa rampung pada masa libur lebaran 2020.

Direktur Utama PT JSS Dedi Krisnariawan Sunoto, menyebutkan, ruas sepanjang 8,7 kilometer (km) yang menghubungkan Taman Mekar-Sadang ini direncanakan bisa beroperasi secara fungsional ketika arus balik lebaran.

"Rencananya jalur fungsional yang disiapkan adalah untuk arus balik lebaran nanti. Para pengguna jalan Tol Purbaleunyi dari arah Bandung menuju Jakarta bisa manfaatkan ini," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (20/1/2020).

Baca juga: Ini Daftar 28 Gerbang Tol yang Kena Aturan Ganjil Genap Jakarta

Sebagian Paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ditargerkan beroperasi fungsional saat arus balik Lebaran 2020.Dok. Jasa Marga Sebagian Paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ditargerkan beroperasi fungsional saat arus balik Lebaran 2020.

Detailnya, nanti para pengguna jalan Tol Purbaleunyi dari arah Bandung menuju Jakarta, bisa keluar di Simpang Susun Sadang lalu masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

Pengemudi lalu melewati akses Jalan Industri (Curug-Kosambi) dan bisa masuk lagi ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui Gerbang Tol Karawang Timur.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sendiri dibangun dengan panjang 62 kilometer, dengan terdiri atas 3 paket. Yakni:

- Paket 1 (Jati Asih-Setu/JORR W2) sepanjang 9,3 kilometer.
- Paket 2 (Setu-Taman Mekar) sepanjang 24,85 kilometer.
- Paket 3 (Taman Mekar-Sadang) sepanjang 27,85 kilometer.

"Kalau Paket 1 sendiri statusnya kini dalam tahapan penyelesaian Detail Engineering Design (DED), sedangkan untuk Paket 2 masih persiapan tender,” jelasnya.

Sementara paket 3, dijelaskan hingga saat ini proses pembebasan lahan yang sudah mencapai 73,88 persen. Sedangkan untuk pengerjaan konstruksinya, mencapai 12,58 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com