Ragam Aliran Modifikasi Jimny Retro

Kompas.com - 20/01/2020, 07:42 WIB
jimny jdm Kompas.com/Fathan Radityasanijimny jdm

BEKASI, KOMPAS.com – Suzuki Jimny merupakan mobil hobi yang cukup diminati masyarakat Indonesia. Sport utility vehicle ( SUV) kompak milik Suzuki ini, relatif banyak berkeliaran di Indonesia, khususnya generasi ke dua dengan kode bodi SJ410 yang tenar di era 1980-1990.

Kini, Jimny ibarat dijadikan kanvas kosong bagi pemiliknya, yang ingin memodifikasi sesuai keinginan.

Dengan harga Jimny generasi ke dua yang relatif terjangkau, banyak pemilik yang melakukan modifikasi dengan ragam aliran. Meskipun jika sudah masuk ke ranam modifikasi, biaya yang dikeluarkan bisa sampai menembus kata ekonomis.

Aji Akbar, humas dari komunitas Young Jimners, mengatakan, ada beberapa aliran modifikasi Jimny yang biasa jadi andalan para pemiliknya. Simak uraiannya, berikut ini! 

1. Aliran Japan Domestic Market (JDM)

Jimny dengan aliran JDM sedang tren pada dua tahun ke belakang. Modifikasi aliran ini cukup simpel dan tidak terlalu ekstrem. Untuk dijadikan mobil harian juga tetap enak.

Namun, statusnya yang JDM, artinya hampir seluruh aksesori dan parts yang digunakan Jimny pasti buatan Jepang. Batasan ini yang kemudian membuat membangun Jimny ala JDM, butuh kesabaran ekstra dan biaya yang tidak sedikit.

"Jimny dengan style JDM tidak memerlukan ban dengan ukuran yang besar, karena hanya bermain di aksesoris seperti pelek, jok, dashboard, dan aksesoris lainnya,” kata Aji kepada Kompas.com, Minggu (19/1/2020).

Baca juga: Spring Over Axle, Bikin Jimny Tambah Jangkung

jimny modifikasiKompas.com/Fathan Radityasani jimny modifikasi

2. Aliran speed off road/rally look

Pada aliran ini, modifikasi lebih mengarah ke mobil balap reli, dengan tambahan mudflap di setiap bannya. Rata-rata pemilik yang membuat Jimny nya rally look, memang digunakan untuk speed off road, namun tidak sedikit juga yang hanya ingin mendokumentasikan gayanya saja.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X