Mobil Boleh Tanpa Ban Cadangan, Ini Aturannya

Kompas.com - 14/01/2020, 06:32 WIB
Salah satu kompartemen penyimpanan ban serep di mobil Maserati Aditya Maulana, KompasOtomotifSalah satu kompartemen penyimpanan ban serep di mobil Maserati

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap mobil yang dipasarkan di Indonesia wajib memiliki ban serep. Kewajiban itu bahkan diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( UU LLAJ).

Namun seiring perkembangan teknologi, mulai banyak produsen mobil yang tak lagi melengkapi produknya dengan ban serep. Sebab, ban yang digunakan sudah mengadopsi teknologi Run Flat Tire (RFT).

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor, pasal 14. Yakni;

Baca juga: Polisi Tidur Langgar Aturan, Siapa yang Bertanggung Jawab?

Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Ban cadangan berukuran sama dan peleknya juga sama.Febri Ardani/KompasOtomotif Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Ban cadangan berukuran sama dan peleknya juga sama.

(1) Ban cadangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (1) huruf g dan Pasal 12 ayat (1) huruf g dapat diganti dengan penggunaan teknologi pengganti fungsi ban cadangan.

(2) Pengganti fungsi ban cadangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berupa:

a. Run flat tire yang dilengkapi dengan indikator tekanan ban;

b. Tire repair kit; atau

c. Teknologi lain.

(3) Pengganti fungsi ban cadangan sebagimana dimaksud pada ayat (2) harus dilengkapi petunjuk penggunaan di jalan.

(4) Kendaraan yang menggunakan pengganti fungsi ban cadangan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat tidak dilengkapi dongkrak dan alat pembuka roda.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X