Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rio Haryanto dan David Raih Finish Keempat di Balapan Australia

Kompas.com - 12/01/2020, 18:04 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan pebalap asal Indonesia, Rio Haryanto dan David Tjipto berhasil menorehkan hasil positif pada balapan Asian LeMans Series 2019/2020 di The Bend Motorsport Park, Australia. Tim T2 Motorsport ini setelah bersaing ketat, berhasil finis urutan keempat.

“Cuacanya di sini cukup panas, bisa mencapai 40 derajat celcius, maka dari itu kami harus memperhatikan asupan air demi ketahanan fisik kami. Selain itu, kami juga harus konsentrasi penuh untuk menghadapi 35 tikungan di setiap lapnya," ujar Rio Haryanto dalam siaran resmi, Minggu (12/1/2020).

Kegiatan balap dimulai hari ini pukul 13:00 waktu setempat dan diwarnai oleh cuaca yang cukup terik. Berdasarkan hasil babak kualifikasi Sabtu, 11 Januari 2020, T2 Motorsports menempati posisi ke-4 di grid.

Baca juga: Rio Haryanto dan David Ikut Balap Ketahanan Asian Le Mans Series

David Tjipto menjadi pebalap T2 yang turun di 60 menit pertama. David berhasil menyalip 2 mobil Ferrari di depannya dan memperoleh posisi-2 sebelum pergantian driver dengan Rio Haryanto.

Mobil Balap Rio Haryanto dan David di Asian Le Mans Series istimewa Mobil Balap Rio Haryanto dan David di Asian Le Mans Series

“Kesalahan sekecil apapun dapat berakibat sangat fatal di ajang balap ini, maka dari itu kami selalu berusaha melakukan yang terbaik dan menaruh konsentrasi penuh saat di trek” ujar David Tjipto.

Selanjutnya, Rio mengisi posisi driver selama 1 jam 40 menit dan dilanjutkan oleh Christian Colombo untuk 1 jam 20 menit terakhir.

Baca juga: Rio Haryanto Belum Terima Pinangan Formula E

T2 dapat mempertahankan posisi ke-2 selama 2 jam pertama namun seiring keluarnya mobil safety car, posisi T2 turun menjadi posisi ke-3.

Bertahan di posisi ke-3 hingga 3 menit terakhir, T2 harus rela turun ke posisi-4 setelah dikibarkannya bendera kuning sebanyak 2 kali karena kecelakaan yang terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com