Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rio Haryanto dan David Ikut Balap Ketahanan Asian Le Mans Series

Kompas.com - 23/11/2019, 13:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com -  Rio Haryanto dan David Tjipto kembali berlaga di Shanghai International Circuit. Kali ini, kedua pebalap asal Indonesia itu mengikuti ajang balap ketahanan Asian Le Mans Series 2019/2020.

Ajang ini merupakan salah satu balapan terbesar di Asia, yang diikuti oleh 17 mobil prototype dan 9 mobil GT3 dari berbagai pabrikan terkemuka di dunia seperti, Ferrari, BMW, Aston Martin dan Lamborghini.

Bahkan, beberapa tim yang bersaing di ajang balap ini memboyong dua mantan pebalap F1, dua calon pebalap F1 dari Ferrari, pemenang 24 Hours of LeMans di kelas GTE dan pebalap-pebalap official BMW, Ferrari dan Aston Martin.

Baca juga: Rio Haryanto Belum Terima Pinangan Formula E

Asian Le Mans Series musim ini tetap mengikuti format seri tahun sebelumnya, yakni terdiri dari 4 ronde, di mana setiap seri berdurasi 4 jam.

Rio Haryanto dan David Tjipto siap berlaga di Asian Le Mans Series Rio Haryanto dan David Tjipto siap berlaga di Asian Le Mans Series

Adapun yang berbeda pada tahun ini adalah Asian LeMans Series akan menjajal trek permanen kedua terpanjang di dunia, yaitu The Bend Motorsport Park, Australia yang memiliki panjang 7,77km.

Hingga saat ini, T2 Motorsports telah menjalani briefing dan juga free practice selama 90 menit.

“Hari ini kami telah selesai mengikuti sesi briefing dan juga free practice. Besok kami akan mengikuti babak kualifikasi," ujar Irmawan Poedjoadi selaku Team Principal T2 Motorsports dalam siaran resmi, Sabtu (23/11/2019).

Kesempatan balap kali ini, T2 Motorsports diwakilkan oleh tiga orang pebalap, yakni Rio Haryanto, David Tjipto dan Christian Colombo. Menurut Rio, kekompakan menjadi kunci utama dari balap ketahanan ini.

Mobil balap Ferrari 488 GT3 tim T2 Motorsports jelang race 1 ajang Blancpain GT World  Challenge Asia 2019 ronde VI di Sirkuit Shanghai, China, Jumat (27/9/2019).Kompas.com/Alsadad Rudi Mobil balap Ferrari 488 GT3 tim T2 Motorsports jelang race 1 ajang Blancpain GT World Challenge Asia 2019 ronde VI di Sirkuit Shanghai, China, Jumat (27/9/2019).

"Sejauh ini, saya merasa cocok bekerja sama dengan David dan juga Christian. Saya harap, kami semua dapat memberikan hasil maksimal untuk hari Minggu nanti," kata Rio.

Adapun pebalap T2 yang akan turun di babak kualifikasi hari Sabtu (23/11/2019) adalah Rio Haryanto. Pebalap yang pernah menjajal Formula 1 ini memperoleh catatan waktu 2.05.620 di sesi private test dan 2.06.290 untuk free practice.

Siaran babak kualifikasi dan race akan disiarkan langsung di www.asianlemansseries.com maupun di media social Asian Le Mans Series.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com