Biaya Servis Motor MotoGP, Sekali Kecelakaan Rugi Miliaran Rupiah

Kompas.com - 08/01/2020, 16:46 WIB
Franco Morbidelli dari tim Estrella Galicia 0,0 Marc VDS yang terjatuh ketika tes di Thailand 2018. MOTORSPORT.comFranco Morbidelli dari tim Estrella Galicia 0,0 Marc VDS yang terjatuh ketika tes di Thailand 2018.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Risiko kecelakaan di ajang MotoGP nyaris tak terhindarkan. Bahkan tak sedikit yang membuat motor hancur parah karenanya.

Lantas, kira-kira berapa biaya yang harus disiapkan untuk memperbaiki motor tersebut?

Melansir GPOne, Christophe Bourguignon, kepala mekanik yang bertanggung jawab penuh atas motor Cal Crutchlow, menyebut biaya perbaikan minimum untuk motor di ajang MotoGP ialah 15.000 euro atau setara dengan Rp 232 juta.

Sementara bila motor mengalami kerusakan parah, tim harus menyiapkan dana sampai 100.000 euro atau Rp 1,5 miliar.

Baca juga: Jadwal Balap, Nama Pebalap, dan Peluncuran Tim MotoGP 2020

Para pebalap MotoGP sedang beraksi di seri terakhir musim 2019 di Valencia, Spanyol.. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)PIERRE-PHILIPPE MARCOU Para pebalap MotoGP sedang beraksi di seri terakhir musim 2019 di Valencia, Spanyol.. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

"Tidak ada yang namanya kecelakaan di MotoGP, hanya menghabiskan 2.000 euro (Rp 31 juta). Jika kami beruntung, tim hanya mengganti beberapa bagian dengan stok yang sudah ada. Kemudian kami bisa melanjutkan sesi," katanya, Rabu (8/1/2020).

Apabila kecelakaan mengharuskan berbagai komponen diganti dan stoknya sedang habis, tim membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan pemesanan. Yaitu, sampai 5 atau 6 pekan.

"Komponen yang bisa diperbaiki dan dipakai ulang itu fairing, semi handlebars, serta beberapa bagian yang terbuat dari serat karbon. Kalau knalpot dan radiator, itu stoknya terbatas, harus dipesan dahulu," kata Bourguignon.

Baca juga: Alex Marquez Mau Jadi Rookie Terbaik MotoGP 2020

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, highside crash di tikungan keenam pada menit-menit akhir sesi FP1 MotoGP Australia 2019 yang digelar di Sirkuit Philip Island, Australia, Jumat (25/10/2019).TWITTER.com/MOTOGP Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, highside crash di tikungan keenam pada menit-menit akhir sesi FP1 MotoGP Australia 2019 yang digelar di Sirkuit Philip Island, Australia, Jumat (25/10/2019).

"Kemudian, satu set rem karbon itu berharga 10.000 euro (Rp 155 juta) dan setiap kali motor jatuh ke gravel, batu dan dan krikil bisa merusak cakramnya. Padahal Anda tak mungkin melepas pebalap ke lintasan untuk melaju sampai 300 kpj memakai rem rusak. Jadi kami selalu mengganti bagian itu," lanjutnya.

Ia menyebut harga setiap onderdil motor di ajang MotoGP tak sama antara satu pabrikan dengan pabrikan lain. Namun kisaran harganya tidak akan jauh berbeda.

"Biaya-biaya tersebut diluar biaya operasional untuk Cruthlow yang memiliki dua motor. Kami menyewa unit ini beserta biaya pengembangan dan insinyur HRC senilai 2 juta euro (Rp 31 miliar)," ujar Bourguignon.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber gpone
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X