Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Servis Motor MotoGP, Sekali Kecelakaan Rugi Miliaran Rupiah

Kompas.com - 08/01/2020, 16:46 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber gpone

JAKARTA, KOMPAS.com - Risiko kecelakaan di ajang MotoGP nyaris tak terhindarkan. Bahkan tak sedikit yang membuat motor hancur parah karenanya.

Lantas, kira-kira berapa biaya yang harus disiapkan untuk memperbaiki motor tersebut?

Melansir GPOne, Christophe Bourguignon, kepala mekanik yang bertanggung jawab penuh atas motor Cal Crutchlow, menyebut biaya perbaikan minimum untuk motor di ajang MotoGP ialah 15.000 euro atau setara dengan Rp 232 juta.

Sementara bila motor mengalami kerusakan parah, tim harus menyiapkan dana sampai 100.000 euro atau Rp 1,5 miliar.

Baca juga: Jadwal Balap, Nama Pebalap, dan Peluncuran Tim MotoGP 2020

Para pebalap MotoGP sedang beraksi di seri terakhir musim 2019 di Valencia, Spanyol.. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)PIERRE-PHILIPPE MARCOU Para pebalap MotoGP sedang beraksi di seri terakhir musim 2019 di Valencia, Spanyol.. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

"Tidak ada yang namanya kecelakaan di MotoGP, hanya menghabiskan 2.000 euro (Rp 31 juta). Jika kami beruntung, tim hanya mengganti beberapa bagian dengan stok yang sudah ada. Kemudian kami bisa melanjutkan sesi," katanya, Rabu (8/1/2020).

Apabila kecelakaan mengharuskan berbagai komponen diganti dan stoknya sedang habis, tim membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan pemesanan. Yaitu, sampai 5 atau 6 pekan.

"Komponen yang bisa diperbaiki dan dipakai ulang itu fairing, semi handlebars, serta beberapa bagian yang terbuat dari serat karbon. Kalau knalpot dan radiator, itu stoknya terbatas, harus dipesan dahulu," kata Bourguignon.

Baca juga: Alex Marquez Mau Jadi Rookie Terbaik MotoGP 2020

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, highside crash di tikungan keenam pada menit-menit akhir sesi FP1 MotoGP Australia 2019 yang digelar di Sirkuit Philip Island, Australia, Jumat (25/10/2019).TWITTER.com/MOTOGP Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, highside crash di tikungan keenam pada menit-menit akhir sesi FP1 MotoGP Australia 2019 yang digelar di Sirkuit Philip Island, Australia, Jumat (25/10/2019).

"Kemudian, satu set rem karbon itu berharga 10.000 euro (Rp 155 juta) dan setiap kali motor jatuh ke gravel, batu dan dan krikil bisa merusak cakramnya. Padahal Anda tak mungkin melepas pebalap ke lintasan untuk melaju sampai 300 kpj memakai rem rusak. Jadi kami selalu mengganti bagian itu," lanjutnya.

Ia menyebut harga setiap onderdil motor di ajang MotoGP tak sama antara satu pabrikan dengan pabrikan lain. Namun kisaran harganya tidak akan jauh berbeda.

"Biaya-biaya tersebut diluar biaya operasional untuk Cruthlow yang memiliki dua motor. Kami menyewa unit ini beserta biaya pengembangan dan insinyur HRC senilai 2 juta euro (Rp 31 miliar)," ujar Bourguignon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber gpone
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com