Test Drive BMW X1 2020

Menguji Performa Suspensi SUV BMW Seharga Rp 739 Juta

Kompas.com - 07/01/2020, 18:03 WIB
Suspensi BMWX1 facelift memiliki ayunan yang lebih empuk dibanding sebelumnya kompas.com - Setyo AdiSuspensi BMWX1 facelift memiliki ayunan yang lebih empuk dibanding sebelumnya

Jakarta, KOMPAS.com - Kesan pertama saat mencoba suspensi BMW X1 terbaru ini, ayunannya terasa lebih empuk dari versi sebelumnya.

Hal tersebut bisa jadi karena efek penggunaan adaptive suspension pada X1sDrive 18i xLine.

Pemilihan run flat tyre ukuran 225/50/18 memiliki andil untuk memberikan kenyamanan saat berkendara.

Baca juga: Kenapa Mobil Mesin Diesel Lebih Kuat Terjang Banjir daripada Bensin?

Profil ban yang tebal (50) memberi kontribusi entakan yang empuk saat melintasi jalan rusak atau berlubang.

BMW X1 dipasangi pelek berbalut karet bundar ukuran 225/50 R18Kompas.com - AFH BMW X1 dipasangi pelek berbalut karet bundar ukuran 225/50 R18
Kompromi

BMW mampu memberikan kompromi pas antara suspensi dengan pemilihan ban. Sebisa mungkin terasa nyaman namun masih lincah untuk bermanuver.

Apalagi ada mode pengendalian Sport, selain respon setir terasa berat, suspensi juga berubah agak kaku. Efeknya mampu memberikan sensasi manuver yang sporty, tentunya untuk segmen SUV.

Bahkan saat melakukan aksi zig-zag/slalom, mobil masih bisa dikontrol meski masih terasa ada pergeseran body.

Mode pengendaraan BMW X1 bisa disesuaikan dengan gaya berkendara pengemudiKompas.com - AFH Mode pengendaraan BMW X1 bisa disesuaikan dengan gaya berkendara pengemudi
Ekstrem

Saat menemukan kondisi pengendaraan yang ekstrem bahkan ketika tergologn liar, mobil masih bisa dikendalikan karena adanya kontrol stabilitas.

Distribusi rem akan dikondisikan untuk mengembalikan stabilitas mobil agar tetap medapat daya cengkram yang baik dan bisa terkontrol.


Ada sedikit catatan, nikmatnya berkendara X1 hanya bisa dirasakan bagi mereka yang memang terbiasa mengemudikan SUV.

Baca juga: Jajal SUV Paling Murah Punya BMW [VIDEO]

Bagi mereka yang baru saja merasakan SUV, rasanya akan beranggapan bahwa suspensinya agak keras. Apalagi kalau dibanding MPV atau bahkan sedan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X