Indonesia Punya Jalan Bawah Tanah Terpanjang, Ini Adab Berkendara di Underpass

Kompas.com - 31/12/2019, 19:11 WIB
Underpass NYIA Dok. Kementerian PUPRUnderpass NYIA
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Keberadaan jalan bawah tanah New Yogyakarta International Airport ( NYIA) diharapkan semakin memperlancar lalu lintas di kawasan tersebut.

Jalan dengan panjang mencapai 1,3 kilometer itu diharapkan dapat menghubungkan Purworejo dan Yogyakarta melalui Jalan Nasional Pantai Selatan (Pansela) Jawa.

Hanya saja, terkadang masih banyak ditemui pengendara baik roda dua maupun roda empat yang tidak menghiraukan sisi keselamatan. Baik, keselamatan diri sendiri dan juga keselamatan pengguna jalan lainnya.

Beberapa adab berkendara saat melintas di jalan bawah jembatan.

Underpass NYIAKementerian PUPR Underpass NYIA

Patuhi rambu lalu lintas

Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) Edo Rusyanto menyampaikan, saat pengendara melintas di jalan bawah tanah atau underpass sudah seharusnya memperhatikan keselamatan berkendara. Salah satunya dengan menaati rambu-rambu yang berlaku.

Di samping itu, sisi kenyamanan saat melintas di jalan tersebut juga harus menjadi perhatian.

“Selain itu, pengendara juga harus memperhatikan marka jalan. Hal ini menjadi sebuah kemutlakan bagi seorang pengendara kendaraan,” katanya.

Baca juga: Ingat, Kecepatan Maksimal di Underpass NYIA Hanya 60 Kilometer/Jam!

 

Hindari perilaku yang bisa mengganggu konsentrasi

Edo menambahkan, ada beberapa perilaku pengendara kendaraan yang justru bisa mengganggu konsentrasi pengendara atau pengguna jalan lainnya. Seperti menggunakan penerangan kendaraan yang bisa menyilaukan.

“Kemudian juga menggunakan atau membunyikan klakson yang bisa memekakkan telinga,” ungkapnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X