Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bersahabat, Pelek Flow Forming Bakal Makin Menjamur

Kompas.com - 31/12/2019, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelek flow forming diprediksi akan makin diminati para pecinta modifikasi mobil pada 2020. Selain harganya bersaing pilihan bentuk dan mereknya juga semakin beragam.

Wibowo Santosa, ahli ban dan pelek dari Permaisuri Ban di Mahakam, Jakarta Selatan, mengatakan, pilihan pelek flow forming semakin banyak dan sedang diminati banyak merek yang dijual di Indonesia.

Baca juga: Perhatikan Ini Deretan ”Musuh” Pelek Mobil!

"Karena kualitasnya mendekati velg forged namun dengan harga jauh lebih murah, apalagi pilihan offset-nya pun jauh lebih beragam dibanding velg casting biasa," kata Wibowo kepada KOMPAS.com, belum lama ini.

Honda HR-VKOMPAS.com/Gilang Honda HR-V

Wibowo menjelaskan, pengertian pelek flow forming ialah proses pembuatan suatu pelek. Flow forming sendiri merupakan salah satu pengembangan pembuatan pelek dari jenis casting atau cetak.

Baca juga: Peugeot 5008 dan 3008 Tak Bisa Sembarangan Ganti Pelek

Velg flow forming dibuat melalui beberapa tahap. Pembuatan pelek dimulai melalui proses cetak yang kemudian ditekan dengan roller dan ditarik menggunakan mesin sehingga menjadi sebuah velg.

“Keuntungan proses ini membuat velg lebih kuat, ringan, dan bulat yang membuat balancing roda jadi sempurna,” jelas Wibowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com