Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Modifikasi Motor 2020

Kompas.com - 29/12/2019, 10:05 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Arah modifikasi atau kustom chopper bobber ditengarai masih akan stabil pada 2020. Alasannya dua model tersebut atau gabungan keduanya merupakan gaya klasik yang tak lekang zaman.

Wahyu Diwa, builder dari Diwa Creative Studio di bilangan Depok, Jawa Barat mengatakan, terbukti kustom dengan gaya chopper bobber tetap stabil beberapa tahun ke belakang, pedahal yang lain mulai meredup.

"Menurut saya 2020 akan populasi chopper bobber makin banyak. Tren ini mungkin akan menggeser cafe racer yang sudah menjadi tren jauh tahun tahun sebelumnya," kata Wahyu kepada Kompas.com, belum lama ini.

Yamaha XS650Foto: Istimewa Yamaha XS650

Baca juga: Koleksi Motor Custom Jokowi, Semua Bergaya Chopper

Tema paduan chopper bobber tetap ramai bahkan sejak 2018 silam. Lulut Wahyudi, Direktur Kustomfest yang juga builder, Retro Classic Cycles, mengatakan, ada beberapa pertimbangan yang membuat aliran ini masih tinggi peminat.

"Saya lihat chopper bobber masih terus berkembang. Ada side effect dari Pak Jokowi yang kebetulan beli motor kustom chopper. Dari situ, berkembang penialian orang bahwa motor kustom ya itu seperti motor pak Jokowi, chopper," ucap Lulut beberapa waktu lalu.

Replika chopper milik Presiden JokowiKOMPAS.com/Gilang Replika chopper milik Presiden Jokowi

Pertimbangan lain, karena tema chopper tidak ''cepat basi'' dan bisa diterapkan pada segala jenis motor. Mau kustom motor chopper tidak harus menggunakan basis motor besar tapi juga motor kecil, tinggal bagaimana penyesuaiannya.

Baca juga: Yamaha XS650 Bobber dengan Sisipan Trail dan Scrambler

Aliran lain seperti tracker dan scrambler disebut tetap stabil sebab tren dual puprpose masih bertahan. Bahkan sepanjang 2019 mulai muncul balapan flat track yang bertujan sekadar rekreasi atau bersenang- senang.

Suzuki GSX-R 400 Unibody Cafe RacerSTANLY RAVEL Suzuki GSX-R 400 Unibody Cafe Racer

Adapun tren cafe racer diprediksi makin redup. Wahyu mengatakan ada beberapa alasan, pertama ialah soal ergonomi. Model cafe racer biasanya single seater dan setang bungkuk mungkin banyak yang sadar mulai kurang nyaman.

Model seperti urban street tracker dan street scrambler dipilih sebab bisa menjelajah jauh untuk berbagai medan jalan. Pehobi motor juga ingin membawa motornya ke tempat-tempat jauh jadi kenyamanan yang diutamakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com