Penjualan Mobil Bekas Tidak Bergairah Jelang Penutupan Tahun

Kompas.com - 27/12/2019, 17:01 WIB
Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan Kompas.com/DioBursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melalui PT Astra International Tbk mencatat, penjualan mobil baru secara wholesales sepanjang Januari-November 2019 mengalami penurunan 11,58 persen.

Pelemahan ini terjadi karena berbagai hal, mulai dari perang dagang China-Amerika Serikat (AS), agenda politik, hingga nilai tukar.

Tren tersebut rupanya juga berimbas terhadap pasar mobil bekas. Terlebih, sebagaimana dikatakan Presiden Direktur Mobil88 Halomoan Fischer, jelang penutupan tahun banyak produsen otomotif yang mengeluarkan program potongan harga fantastis.

Baca juga: Diskon Mobil Murah Akhir Tahun, Tembus Rp 15 Juta

Ilustrasi mobil bekas di segmen Low MPVKompas.com/Setyo Adi Ilustrasi mobil bekas di segmen Low MPV

"Meskipun mobil bekas tidak memiliki data pastinya, kalau berbicara indikasi saja saat ini memang tidak ada pedagang yang happy di jelang akhir 2019. Masing-masing mengalami penurunan yang hampir sama," kata Fischer saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Fischer menambahkan, program penjualan mobil baru di akhir tahun sulit untuk dikejar para penjual mobil bekas. Sebab, harga mobil bekas tidak bisa dibanderol terlalu tinggi mengikutinya.

"Ini terkait penawaran dan permintaan pasar. Saat ini, permintaan pasar melemah, sehingga harus diberikan stimulus seperti itu," ujarnya.

Baca juga: Jelang Tutup Tahun, Diskon MPV Murah Tembus Puluhan Juta Rupiah

Beragam pilihan mobil dari berbagai tahun tersedia di bursa mobil bekasKompas.com/Dio Beragam pilihan mobil dari berbagai tahun tersedia di bursa mobil bekas

Walau demikian, pasar mobil bekas secara tahunan cukup tertolong dengan adanya regulasi perluasan ganjil-genap di wilayah DKI Jakarta.

"Kalau mau jujur, kita terbantu dengan ganjil genap (perluasan). Waktu itu sempat meningkat, terutama untuk mobil yang banderolnya Rp 150 jutaan seperti LCGC, citycar, dan hatchback lawas," kata Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, pada kesempatan berbeda.

Adapun beberapa mobil bekas Rp 150 jutaan yang naik daun waktu perluasan ganjil genap kemarin diantaranya, Agya-Ayla, Calya-Sigra, Sirion, serta Honda Jazz lansiran 2010 yang diklaim banderolnya saat ini berkisar Rp 145 sampai Rp 150 jutaan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X