Ini Jadwal dan Lokasi Pembatasan Truk Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 17/12/2019, 11:01 WIB
Truk terjaring ODOL di Tol BSD Truk terjaring ODOL di Tol BSD
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Operasional mobil barang pada periode libur Natal dan Tahun Baru ( Nataru) 2020 akan dibatasi. Penerapan ini berlaku di sejumlah jalan nasional dan ruas jalan tol.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi menyatakan, waktu pembatasan operasional mobil barang berlaku mulai 20 Desember 2019.

"Obyek pembatasan ialah mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, juga mobil barang dengan kereta tempel atau kereta gandengan, khususnya pengangkut bahan galian," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Baca juga: Pengusaha Truk Setuju dengan Pembatasan Golongan di Tol Japek

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau ujicoba bersama dengan PT Jasa Marga, Ditjen Hubdat dan Kepolisian di jembatan timbang Weigh-In-Motion (WIM) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 9 pada Minggu (22/9/2019)DOKUMENTASI KEMENHUB Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau ujicoba bersama dengan PT Jasa Marga, Ditjen Hubdat dan Kepolisian di jembatan timbang Weigh-In-Motion (WIM) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 9 pada Minggu (22/9/2019)

Pembatasan operasional tidak berlaku bagi mobil barang pengangkut bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar gas (BBG).

Hal sama berlaku untuk mobil pengangkut ternak, barang ekspor-impor dari pelabuhan, air minum dalam kemasan, pupuk, hantaran uang dan pos, barang pokok seperti beras, gula, sayur, buah-buahan, daging, dan sebagainya.

Adapun detail waktu pembatasan operasional mobil barang adalah 20 Desember 2019 pukul 00.00 WIB sampai dengan 21 Desember 2019 pukul 24.00 WIB dan 31 Desember 2019 pukul 00.00 WIB sampai 1 Januari 2020 pukul 24.00 WIB.

"Pada tanggal 25 Desember 2019, pembatasan mulai berlaku pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB," kata Budi.

Baca juga: Ribuan Bus Pariwisata Belum Lolos Uji Keselamatan Jelang Libur Nataru

Kapolres Trenggalek bersama Kordinator Terminal Bus Surodakan Trenggalek, melakukan pemeriksaan salah satu kelaikan bus (12/12/2019)SLAMET WIDODO Kapolres Trenggalek bersama Kordinator Terminal Bus Surodakan Trenggalek, melakukan pemeriksaan salah satu kelaikan bus (12/12/2019)

Berikut ruas jalan nasional yang diberlakukan pembatasan mobil barang:

1. Ruas Jalan Nasional Denpasar-Gilimanuk (arah ke Denpasar)

2. Ruas Jalan Nasional Mojokerto-Caruban (2 arah)

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X