Klaim Keunggulan Solar B30 Lebih Ramah Lingkungan

Kompas.com - 17/12/2019, 09:02 WIB
DFSK Super Cab ikut dalam uji coba bahan bakar BBM Solar B30 DFSKDFSK Super Cab ikut dalam uji coba bahan bakar BBM Solar B30

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana mengimplementasikan Bahan Bakar Nabati jenis Biodiesel dengan campuran 30 persen ( B30) pada 2020 mendatang.

Direktur Bioenergi Kementerian ESDM Andriah Feby Misna, menyatakan, setelah dilakukan uji coba penggunaan B30 sepanjang 50.000 kilometer di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah, tidak ditemukan adanya masalah.

"Sehingga B30 diharapkan bisa diterapkan mulai tahun depan. Sejauh ini, penyaluran B20 tidak mengalami masalah. Kalaupun ada, hanya kendala kecil," katanya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Program B30 Dimulai Tahun Depan

Pemerintah mulai uji coba B30 Pemerintah mulai uji coba B30

Adapun catatan hasil uji tersebut, lanjut Andriah, ditemukan bahwa penggunaan B30 mampu meningkatkan daya kerja mesin untuk kendaraan berkapasitas 3,5 ton.

Namun, tingkat konsumsi bahan bakarnya sedikit menurun antara 0,01 hingga 0,08 gram.

"Adapun pergantian filter bahan bakar bagi kendaraan baru, perlu diganti pada rentang penggunaan 7.500 - 15.000 kilometer. Artinya, pergantian filter sedikit lebih awal setelah itu normal," kata dia.

Pada kesempatan terpisah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menyatakan penggunaan B30 bisa menghemat devisa negara dari impor migas hingga 8 miliar dolar AS atau sekitar Rp 112,8 triliun.

“Jadi kalau sekarang dengan program B30 itu kebutuhan kelapa sawit terserap CPO itu 10 juta kiloliter. Berarti penghematan devisa itu bisa mencapai 8 billion dollar AS dan ini bisa efektif mengurangi defisit neraca dagang,” ujarnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X