Kompas.com - 17/12/2019, 08:02 WIB
Penulis Stanly Ravel
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat, atau National Traffic Safety Administration (NHTS), kembali mengeluarkan kampanye penarikan atau recall untuk Toyota Supra, BMW Z4, dam BMW 330i serta 330i xDrive.

Melansir dari Motor1.com, dalam surat kampanye benomor 19V850000 tersebut, dijelaskan bila penarikan kali ini terkait masalah hilangnya fungsi lampu utama alias headlamp karena fungsi pengaturnya rusak, akibat kesalahan produksi dari pihak pemasok.

Namun demikian, tidak semua model yang disinyalir terkena dampak recall tersebut. Totalnya hanya 245 unit dengan rincian 37 unit BMW Z4, 31 unit BMW 330i dan 330i xDrive, serta 177 unit Toyota Supra.

Baca juga: Soal Recall Supra, Toyota Indonesia Masih Tunggu Kabar dari Prinsipal

Toyota Supra terbaru siap meluncur di IndonesiaToyota Toyota Supra terbaru siap meluncur di Indonesia

Semua mobil yang terdampak merupakan model yang diproduksi untuk 2020. Sementara dari hasil investigasi NHTSA, penyebab utamanya dikarenakan masalah pada papan sirkuit cetak atau PCB kontrol headlamp yang dipasok oleh BMW.

Masalah tersebut diklaim membuat kedua lampu utama kehilangan fungsinya. Walau dikabarkan belum ada kejadian seperti kecelakaan, namun dampak dari masalah tersebut dinilai sangat fatal dan berbahaya.

Lantas bagaimana dengan model Toyota Supra yang dipasarkan di Indonesia.  Saat mengkonfimasikan hal ini, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, sejauh ini belum ada kabar apapun terkait masalah recall untuk Supra.

Baca juga: Ini Dia Pemilik Toyota GR Supra Pertama di Indonesia

Toyota Supra terbaru siap meluncur di IndonesiaToyota Toyota Supra terbaru siap meluncur di Indonesia

"Saya coba cek, untuk sementara ini belum ada informasi apapun dan prinsipal," ucap Anton saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/12/2019).

Sementara ketika menghubungi pihak BMW Group Indonesia, sejauh ini belum ada respon terkait masalah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Motor1.com


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.