Rayakan Hari Jadi, Toyota Avanza Telah Laku 1,8 Juta Unit

Kompas.com - 12/12/2019, 14:57 WIB
Toyota Avanza telah memasuki usia 16 tahun pada Desember 2019 TAMToyota Avanza telah memasuki usia 16 tahun pada Desember 2019
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak pertama kali diperkenalkan pada 11 Desember 2003 lalu, Toyota Avanza langsung mendapat sambutan dan antusiasme luar biasa dari konsumennya. Pada tahun perdananya, Low MPV ini berhasil membukukan penjualan 43 ribu unit.

Kini setelah menginjak usia 16 tahun, penjualan Avanza telah menembus 1,8 juta unit. Bahkan di saat pasar otomotif mengalami penurunan 11,1 persen di segmen Low MPV, Avanza malah bertumbuh 6,9 persen di banding tahun lalu.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengatakan jika Avanza lahir dari upaya Toyota untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang butuh kendaraan tujuh penumpang yang andal dan tangguh.

Baca juga: Toyota Monitor Kehadiran Xpander Cross

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.TAM Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

“Kami bersyukur hingga di usianya ke-16 tahun ini, Avanza senantiasa mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hal ini tercermin dari angka penjualan Avanza yang masih tetap tumbuh sebesar 6,9 persen di akhir tahun 2019 ini,” ujar Anton dalam keterangan resmi (12/12/2019).

“Terima kasih banyak kami ucapkan kepada pelanggan, khususnya kepada lebih dari 1,8 juta pengguna Avanza yang semakin memberikan kepercayaan kepada Avanza untuk menjadi MPV terlaris di Indonesia,” kata Anton.

Anton juga mengatakan, pasar Low MPV bisa dibilang baru berkembang saat Avanza meluncur. Padahal sebelumnya, segmen kendaraan ini hanya menyumbangkan sekitar 5 ribuan unit dalam setahun.

Baca juga: Proyeksi Penjualan 2020, Ini Kata Toyota

Toyota Avanza dengan warna super whiteAzwar Ferdian/KompasOtomotif Toyota Avanza dengan warna super white

“Namun setelah Avanza muncul pasar Low MPV naik tajam menjadi mendekati 80 ribu unit pada akhir tahun 2004. Bahkan pasar Low MPV pernah mencapai titik tertinggi di tahun 2013 dengan pencapaian lebih dari 200 ribu unit,” ucapnya.

Anton menambahkan, ke depannya berbagai masukan dari pengguna akan menjadi acuan untuk terus melakukan continuous improvement agar senantiasa mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pelanggan.

Paling terakhir, Avanza mendapat penyegaran signifikan pada awal 2019. Ubahan di sekujur eksterior dan interior membuatnya makin terlihat modern dan lebih bergaya.

Selain itu, Avanza juga makin nyaman berkat peredam suara baru yang ditambahkan di beberapa bagian, sehingga membuat kabin lebih kedap suara.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X