Yamaha Ingin Pertahankan Vinales di MotoGP 2021

Kompas.com - 09/12/2019, 18:09 WIB
Maverick Vinales tampak gembira seusai menjalani sesi latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019. AFP/PETER PARKSMaverick Vinales tampak gembira seusai menjalani sesi latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019.

DOHA, KOMPAS.com - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis memberi sinyal akan mempertahankan Maverick Vinales untuk MotoGP 2021. Alasannya, karena performa Vinales terus membaik.

Vinales telah bergabung bersama Yamaha sejak 2017 dan berhasil meraih enam kemenangan. Padahal, dia sempat mendapat masalah teknis seperti elektronik, akselerasi, dan grip pada tunggangannya, YZR-M1.

Pada musim ini, pebalap berkebangsaan Spanyol itu beberapa kali bertarung di papan atas meski motornya bukan yang diunggulkan. Vinales pun menjadi pebalap Yamaha terbaik, berada di peringkat tiga pada klasmen, meraih tujuh podium, dan dua kemenangan .

Baca juga: Fabio Quartararo Pelajari Banyak Kesalahan di MotoGP 2019

Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, saat menjalani latihan bebas GP San Marino di Misano, 14 September 2019. AFP/MARCO BERTORELLO Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, saat menjalani latihan bebas GP San Marino di Misano, 14 September 2019.

"Vinales melalui tahun ini dengan cara yang tidak baik. Dia masih kesulitan di 5 hingga 6 seri awal. Sementara Rossi terus mengunggulinya seperti hampir memenangkan balapan di Austin," kata Jarvis seperti dikutip Motorsport.com, Senin (9/12/2019).

Kemudian, Jarvis Yamaha melakukan rombakan struktur organisasi di departmen balap dan menuruti permintaan Vinales untuk membawa Esteban Garcia, crew chief yang membantunya menjuarai Moto3 di 2013.

"Kami melihat manfaat perubahan yang kami lakukan dalam tim untuknya. Secara bertahap, mereka mulai berkerja dengan baik dan Vinales mulai membuat keputusan sendiri tentang cara menyiapkan motornya untuk balapan. Hasilnya, kami bangga ia mampu meningkatkan performanya sepanjang tahun ini," ujar Jarvis.

Jarvis pun mengakui bahwa Vinales merupakan aset berharga bagi Yamaha, dan ingin rider berusia 24 tahun itu tetap bersamanya pada 2021. Sebelumnya, terdapat rumors yang menyatakan bahwa Vinales kini tengah didekati oleh Ducati Corse.

"Dia satu-satunya pebalap Yamaha yang memenangkan dua balapan tahun ini, dan saya pastinya akan senang jika Vinales tetap bersama kami selama musim 2021 dan seterusnya," katanya lagi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X