Skuter Matik Retro Royal Alloy, Saingan Kuat Lambretta

Kompas.com - 29/11/2019, 09:42 WIB
Royal Alloy Kompas.com/DonnyRoyal Alloy

BANGKOK, KOMPAS.com - Thailand International Motor Expo (Motor Expo) 2019 menghadirkan beragam pabrikan roda dua yang memamerkan produk-produk terbaru. Salah satu yang cukup unik adalah Royal Alloy.

Royal Alloy menghadirkan deretan skuter matik atau skutik dengan desain yang klasik dan elegan. Desainnya memang mirip sekali dengan Lambretta, sedikit ada campuran Vespa juga.

Royal AlloyKompas.com/Donny Royal Alloy

Meski dibilang desain Inggris, tapi secara estetis, motor ini lebih mirip dengan skuter-skuter asal Italia. Royal Alloy menawarkan beberapa pilihan kapasitas mesin, antara lain 150 cc, 200 cc, dan 300 cc.

Baca juga: Lambretta Pikirkan Buka Fasilitas Perakitan di Indonesia

"Kami memulai pembangunan pabrik sekitar tiga tahun yang lalu. Sedangkan untuk penjualannya, baru dimulai sekitar satu tahun yang lalu," ujar Steve Oliver CEO Royal Alloy Thailand, kepada Kompas.com, saat peluncuran.

Royal AlloyKompas.com/Donny Royal Alloy

Saat ditanya persaingannya dengan Lambretta, Steve mengatakan, motor ini menciptakan segmennya sendiri. Dengan market yang benar-benar sangat niche, Royal Alloy diyakini bisa mendominasi pasar.

Royal AlloyKompas.com/Donny Royal Alloy

Fitur-fitur yang ditawarkan juga bisa dibilang lebih canggih dibanding kompetitor terdekatnya. Sebut saja semua pencahayaannya yang sudah menggunakan lampu LED. Lalu, sistem pengereman ABS depan dan belakang.

Royal AlloyKompas.com/Donny Royal Alloy

Selain itu, bagian speedometer juga sudah menggunakan layar TFT yang pengaturannya sudah touchscreen. Sebagian besar bodi menggunakan material aluminium alloy dan baja. Hanya sedikit bagian yang masih menggunakan plasti ABS.

Royal AlloyKompas.com/Donny Royal Alloy

Di Thailand, Royal Alloy tersedia beberapa tipe, antara lain Grand Prix 150 (GP150), Grand Prix 200 S (GP200S), Trigara Grande 200 S (TG200S), dan terakhir Tigara Grande 300 S (TG300S).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X