Kompas.com - 13/11/2019, 08:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia memang penggemar mobil dengan kapasitas angkut besar. Buktinya, penjualan SUV Wuling Almaz tujuh penumpang kini menyalip kinerja varian lima penumpang.

Padahal Almaz tujuh penumpang baru meluncur di Juli lalu di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Sedangkan yang lima penumpang sudah hadir lebih dulu, tepatnya akhir Februari 2019.

Baca juga: BBN-KB DKI Jakarta Naik, Wuling Pilih Pasrah

"Penjualan Almaz 7-seater kini 80 persen lebih. Jadi memang jika bicara Almaz yang 7- seater," kata Dian Asmahani, Brand Manager PT SGMW Motor Indonesia ( Wuling Motors) di Tangerang, Selasa (12/11/2019).

Jika yang disampaikan Dian benar maka lonjakan Almaz tujuh penumpang terbilang sangat cepat. Sebab sampai dengan September 2019, Almaz lima penumpang masih memimpin meski trennya mulai disalip saudaranya

Berdasarkan data penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) yang dirilis Gaikindo, sepanjang Januari-September 2019 Almaz terjual sebanyak 6.253 unit dengan rinican varian lima penumpang 3.714 unit dan tujuh penumpang 2.539 unit.

Baca juga: BBN-KB Naik, Wuling Ancang-ancang Kerek Harga Mobil

Artinya memang terjadi penurunan penjualan Almaz lima penumpang pasca hadirnya varian tujuh penumpang. Jika pada Juli Almaz lima penumpang terkirim sebanyak 596 unit, Agustus turun 167 unit dan September turun jadi 102 unit.

Sebaliknya, Almaz tujuh penumpang terus mengalami tren positif dengan capaian rata-rata 800 unit per bulan, medio Juli-September 2019.

"Masing-masing punya segmentasi berbeda. Terlepas dari itu, kami sangat berterima kasih atas antusiasme dan sambutan hangatnya terhadap varian terbaru Almaz dengan konfigurasi 7-seater," kata Dian belum lama ini.

Dian mengatakan, saat ini Almaz merupakan kontributor terbesar atas penjualan Wuling Motors Indonesia. Disusul selanjutnya yaitu Wuling Confero, Cortez, dan Formo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.