Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Penantang Mobil Baru, Honda Andalkan Penyegaran

Kompas.com - 06/11/2019, 10:25 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri otomotif roda empat Indonesia dalam beberapa waktu mendatang akan kembali memanas. Hal ini ditandai dengan banyaknya produk dan merek baru yang akan meramaikan pasar.

Menurut informasi yang diperoleh Kompas.com, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang baru saja diluncurkan di Jepang, disebut akan datang ke Indonesia.

Sementara Mitsubishi, dalam waktu dekat segera memperkenalkan model crossover dari Xpander.

Adapun merek otomotif baru yang kembali berlaga di tanah air ialah Kia. Produsen asal Korea Selatan ini hadir di bawah payung Indomobil Group.

Baca juga: Resmi Meluncur, Harga Toyota Raize Mulai Rp 217 Juta

Menghadapi tekanan tersebut, PT Honda Prospect Motor (HPM) tidak akan tinggal diam. Meski demikian, pemegang keagenan mobil berlogo 'H' ini tak akan menghadirkan model baru.

Honda BR-V sanggup menaklukkan jalan mulus di tol hingga jalan agak kasar di medan offroad.kompas.com Honda BR-V sanggup menaklukkan jalan mulus di tol hingga jalan agak kasar di medan offroad.

"Salah satu strategi kami dalam mempertahankan market share adalah product refreshment. Untuk waktunya, disesuaikan dengan kondisi pasar dan kebutuhan konsumen," kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

"Produk kami yang sekarang ini masih diterima dengan baik. Jadi belum bisa kita informasikan kapan produk baru akan diluncurkan," katanya.

Baca juga: Bocoran, Begini Desain Xpander Versi SUV?

Honda Mobilio 2019 Honda Mobilio 2019

Jika merujuk pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), model yang berkemungkinan besar mendapat penyegaran ialah Honda Mobilio dan Honda BR-V.

Baca juga: Honda CR-V Masih Jadi yang Terlaris di Pasar SUV

Pasalnya, kedua produk andalan Honda itu mulai mengalami kesulitan untuk bisa bersaing walau dalam angka penjualan masih cenderung aman.

BR-V pada September 2019 mulai diasapi DFSK Glory 560, sementara penjualan Mobilio mandek di angka 1.500-an unit setiap bulannya.

Lagipula, bila melihat riwayatnya, baik Mobilio maupun BR-V dalam lima tahun belakangan tidak pernah mengalami penyegaran besar. Honda hanya memberikan ubahan ringan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com