Servis Mobil Tak Hanya Berpatokan pada Jarak Tempuh

Kompas.com - 30/10/2019, 09:02 WIB
Ilustrasi teknisi Auto2000 Ilustrasi teknisi Auto2000

JAKARTA, KOMPAS.com - Melihat perubahan gaya berkendara masyarakat belakangan ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) menggunakan strategi baru untuk melayani perawatan pada produknya. Kini, Toyota tak lagi mengenal jadwal servis berpatokan pada kilometer.

Hal tersebut dikatakan oleh Riki Rusdiono, Koordinator Kepala Cabang Auto2000 Wilayah DKI 1, saat customer gathering Auto2000, di wilayah Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Auto2000 Berharap Aturan PPnBM Terbaru Dongkrak Penjualan Mobil Hybrid

"Saat ini, Toyota sudah tidak mengenal yang namanya servis dalam jangkauan kilometer. Kita sudah mulai mensosialisasikan bahwa mobil itu harus diservis dan dirawat tiap enam bulan," ujar Riki, kepada wartawan.

Suasana di bengkel resmi Auto2000 Toyota di Jalan Siliwangi, Bogor pada Minggu (31/12/2017). Bengkel Auto2000 di Bogor merupakan satu dari empat bengkel resmi Toyota yang tetap buka 24 jam selama musim liburan panjang Natal dan Tahun Baru, tepatnya dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Suasana di bengkel resmi Auto2000 Toyota di Jalan Siliwangi, Bogor pada Minggu (31/12/2017). Bengkel Auto2000 di Bogor merupakan satu dari empat bengkel resmi Toyota yang tetap buka 24 jam selama musim liburan panjang Natal dan Tahun Baru, tepatnya dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.

Riki menambahkan, sekarang dengan adanya MRT dan segala macam, banyak mobil yang mengendon atau jarang dipakai. Di atas enam bulan, kilometer mungkin masih di bawah angka 5.000.

"Sedangkan, dalam jangka waktu enam bulan, mobil itu sudah harus masuk ke bengkel lagi untuk dilakukan perawatan. Tapi, bukan berarti kalau kilometernya sudah tercapai, lalu harus menunggu hingga enam bulan. Tetap harus diservis, tergantung mana yang dicapai lebih dulu saja," kata Riki.

Baca juga: Ini Alasan Auto2000 Belum Bisa Kirim Ratusan Mobil Hybrid ke Konsumen

Riki menjelaskan, bahwa ada beberapa kasus, di mana mobil jarang dipakai, lalu ketika dipakai terjadi masalah. Hal seperti itu yang ingin dihindari oleh Auto2000.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, melihat dari kondisi macet dan sebagainya, banyak mobil pelanggan yang pencapaian kilometernya lebih dari satu tahun.

"Sehingga, lebih kepada interaksi pelanggan ke bengkel saja. Untuk cakupan servisnya sendiri, sama seperti kelipatan 10.000 kilometer," ujar Didi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X