Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tampang Toyota Raize Kembaran Daihatsu Rocky

Kompas.com - 30/10/2019, 07:22 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu akan merilis Rocky sebagai produk baru yang akan bermain di segmen compact SUV lima penumpang. Seperti diketahui, merek otomotif asal Jepang ini tidak akan sendiri merilis SUV ini karena pengembangannya dilakukan secara kolaborasi bersama Toyota.

Seperti halnya Avanza-Xenia atau Rush-Terios, Rocky juga memiliki saudara kembar yang nanti akan dipasarkan oleh Toyota. Sayangnya, dalam gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2019, Toyota masih menutup rapat kembaran Rocky tersebut.

Namun, akhirnya tampang saudara kembar Rocky bocor di media sosial. Bila informasi yang bereda sebelumnya bernama Rise, ternyata pelafalan yang benar adalah Raize.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Daihatsu Rocky, Calon Adik Terios

Mengutip informasi dari Crative311.com, Toyota Raize yang memiliki desain seperti Rocky dikabarkan siap meluncur pada 5 November 2019.

SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019 SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019

Waktu peluncuran itu seperti rumor yang Kompas.com dapatkan ketika berada di Jepang saat menanyakan peluncuran Rocky. Bisa jadi keduanya akan meluncur bersamaan.

Dari segi tampilan, meski memiliki head lamp yang sama dengan Rocky, visual Raize terlihat lebih sporty melalui gril pentagon dan bemper yang dibuat sedikit lebih lebar.

Sementara terkait permainan warna, baik Raize maupun Rocky sama-sama mengusung konsep dual tone.

Meski belum ada kejelasan mesin apa yang akan digunakan Raize, dari bocoran katalog terlihat Toyota akan memberikan pilihan custom untuk mendongkrak visual Raize.

Toyota Raize, kembaran Daihatsu Rocky yang siap meluncur Toyota Raize, kembaran Daihatsu Rocky yang siap meluncur

 

Total tersedia enam tema yang diusung, yakni Powerful Style, Sporty Style, Premium Style, Medelista Advance, Modelista Elegant, dan TRD.

Sebelumnya, Operating Officer DNGA Business Unit R&D Connect Group Chief Officer Daihatsu Motor Corporation (DMS) Katsumi Marutani juga sudah mengakui SUV barunya merupakan produk kolaborasi dengan Toyota.

Baca juga: Daihatsu Kasih Kode Kalau Rocky Mau Dirakit di Indonesia

Toyota Raize, kembaran Daihatsu Rocky yang siap meluncur Toyota Raize, kembaran Daihatsu Rocky yang siap meluncur

Bahkan, Marutani mengatakan saat dipasarkan nanti, akan ada beberapa perbedaan dari sisi tampilan dan aksesori.

"Memang kolaborasi, tapi nanti akan ada perbedaan-perbedaan seperti biasa. Seperti di bagian wajah dan beberapa sektor lain," ucap Marutani di Tokyo Big Sight, Jepang, Rabu (23/10/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com