Deretan Mobil pada Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI

Kompas.com - 21/10/2019, 07:22 WIB
Ribuan murid dan pelajar di Tanjung Selor menyambut iring-iringan Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, Jumat (6/10/2017). Tribun Kaltim/Muhammad ArfanRibuan murid dan pelajar di Tanjung Selor menyambut iring-iringan Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, Jumat (6/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan sepeda motor dan mobil menuju pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019) sembari mengawal tamu negara dan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Kemudian, beberapa kendaraan tersebut terus berjaga di sekitaran Gedung MPR/DPR RI demi kelancaran acara. Di antaranya, yaitu Toyota Hilux, Fortuner, Kawasaki D'Tracker, KLX, hingga Yamaha FZ1.

Terlihat juga ada beberapa kendaraan taktis seperti baraccuda yang biasa digunakan Brimob. Mencuplik laporan langsung dari KompasTV, kendaraan tersebut nampak selalu siaga sejak pukul 14.30 WIB.

Baca juga: Ini Bunyi Sumpah Pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin

Anggota Pasmpapres bersama anggota Polri berjaga di jalan Situbondo, Menteng yang merupakan kediaman Wakil Presiden terpilih Maruf Amin jelang pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di  Jakarta, Minggu (20/10/2019).ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Anggota Pasmpapres bersama anggota Polri berjaga di jalan Situbondo, Menteng yang merupakan kediaman Wakil Presiden terpilih Maruf Amin jelang pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Berdasarkan spesifikasinya, mobil 12 penumpang ini dilapisi pelat baja setebal 8 mm yang dapat menahan terjangan proyektil kaliber 7,62 mm. Walau cukup berat (11,7 ton), barracuda sanggup melaju hingga kecepatan 100 kilometer per jam.

Di depan gedung, ada beberapa mobil mewah lengkap dengan penjagaan ketat. Di antaranya Land Rover Defender, Mercedes-Benz G-Class, Mercedes-Benz S-Class, Mazda 6, Toyota Camry, Toyota Land Cruiser, serta Toyota Alphard dan Toyota Fortuner.

Diketahui, kendaraan tersebut merupakan angkutan tamu negara, Presiden, dan Wakil Presiden terpilih beserta iring-iringannya.

Sebelumnya, Jokowi bersama sang istri, Iriana, menunggangi Mercedes-Benz S 600 Guard dengan pelat merah bertuliskan 'INDONESIA' ke acara pelantikan.

Unit tersebut merupakan mobil dinas Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, yang sudah dipakai Jokowi selama lima tahun pertama pemerintahannya.

Baca juga: Standing Ovation untuk Jusuf Kalla dari Maruf Amin dan Seluruh Anggota MPR..

Kendaraan angkut utama Jokowi di pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RIKOMPAS.com/Ruly Kendaraan angkut utama Jokowi di pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI

Selama perjalanan, mobil dikawal beberapa kendaraan seperti Land Rover Defender, Mercedes-Benz G-Class, Toyota Camry, Toyota Land Cruiser, Toyota Alphard, hingga Toyota Hiace.

Selain itu, ada juga belasan motor gede (moge) guna membuka jalan yakni Honda Goldwing dan Yamaha FZ1.

Sementara Ma'ruf Amin yang datang dengan Mercedes-Benz S 600 Guard bernomor polisi B 1925 RFS dikawal Toyota Fortuner, Alphard, Mercedes-Benz Sprinter, serta beberapa Goldwing dan FZ1.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X