Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Raih Gelar Eksportir Berkinerja

Kompas.com - 16/10/2019, 15:26 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Toyota mendapat penghargaan Primaniyarta dari pemerintah Indonesia. Sebuah penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang memiliki kinerja ekspor baik.

Penghargaan Primaniyarta tahun ini merupakan yang ke-10 yang diterima Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Khusus untuk kategori “Eksportir Berkinerja” karena konsitensi ekspor.

Baca juga: Ini Mobil Ramah Lingkungan yang Akan Diproduksi TMMIN

Penghargaan Primaniyarta tahun ini diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang didampingi oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita kepada Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada TMMIN sebagai perusahaan berkinerja di bidang ekspor," kata Warih di acara pembukaan Trade Expo 2019 ICE, BSD, Tangerang, Rabu (16/10/2019).

Chief Officer MV Prometheus Leader M Edwin Kabalican mengawasi proses muat mobil Yaris Sedan produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, di dermaga Car Terminal,  Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/6/2015). Mobil-mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara, antara lain di Timur Tengah.KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Chief Officer MV Prometheus Leader M Edwin Kabalican mengawasi proses muat mobil Yaris Sedan produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, di dermaga Car Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/6/2015). Mobil-mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara, antara lain di Timur Tengah.

Warih mengatakan, penghargaan ini tentunya menjadi pemicu semangat Toyota grup Indonesia untuk bisa memberikan lebih banyak sumbangsih bagi perkembangan industri otomotif nasional.

"Termasuk dalam menyongsong era teknologi kendaraan elektrifikasi dan ramah lingkungan,” kata Warih.

Baca juga: Upaya TMMIN Memperkuat IKM Otomotif di Batu Ceper

Sepanjang 2018, ekspor kendaraan utuh bermerek Toyota berhasil mencatatkan volume rekor baru yaitu melampaui angka 200 ribu untuk pertama kalinya atau dengan jumlah sebesar 206.000 unit.

Selanjutnya, pada tahun 2019 ini ekspansi ekspor yang berhasil dilakukan TMMIN antara lain menambah destinasi ekspor ke negara-negara di kawasan Amerika Tengah dan Selatan serta beberapa negara Mekong.

Selain ekspor utuh, sepanjang Januari-September 2019, Toyota juga mengapalkan kendaraan terurai CKD 34,300 unit, mesin utuh sebanyak 93.100 unit serta komponen kendaraan sebanyak 73,8 juta buah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com