Konsumsi BBM Mobil Hybrid Terungkap dalam Perjalanan Luar Kota

Kompas.com - 15/10/2019, 12:01 WIB
Penghitungan konsumsi BBM total 8 mobil hybrid dan PHEV dilakukan di Pulau Bali, hasilnya cukup mengejutkan. CUTENKPenghitungan konsumsi BBM total 8 mobil hybrid dan PHEV dilakukan di Pulau Bali, hasilnya cukup mengejutkan.

Banyuwangi, KOMPAS.com – Salah satu kampanye yang dilakukan PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam memasarkan mobil berteknologi hybrid adalah konsumsi bahan bakar minyak ( BBM) yang irit. Tapi, apa seberapa irit mobil hybrid jika melakukan perjalanan luar kota, ratusan kilometer, dengan kondisi lingkungan yang asli Indonesia?

Guna membuktikan ini, TAM mengajak 32 jurnalis dan delapan unit mobil bertenaga ganda Toyota, yakni Corolla Altis Hybrid (1 unit), Camry Hybrid (1 unit), Alphard Hybrid (1 unit), C-HR Hybrid (3 unit) dan Prius Prime Plug-In Hybrid ( PHEV) (2 unit). Rombongan menempuh perjalanan sekitar 380 km, dengan rute Banyuwangi- Bali, 9-11 Oktober 2019.

Memang selama perjalanan dimulai sampai tiba ke titik finis, tidak ada satupun mobil hybrid yang dites kali ini, mampir ke SPBU untuk melakukan pengisian bensin. Namun, penghitungan konsumsi BBM juga dilakukan tidak di sepanjang jalur, tetapi pada jalan yang menantang.

Baca juga: Menjelajah Banyuwangi-Bali Naik Hybrid, Terasa Tidak Istimewa

Toyota Camry Hybrid menjadi yang terboros selama pengunjian, meskpun masih jauh lebih irit ketimbang mobil konvensional, lebih baik dari Avanza.TOYOTA Toyota Camry Hybrid menjadi yang terboros selama pengunjian, meskpun masih jauh lebih irit ketimbang mobil konvensional, lebih baik dari Avanza.

Penghitungan dilakukan beberapa titik dan rute yang sengaja menjadi medan terberat yang dilalui rombongan. Mulai dari resor Plataran Menjangan di Gilimanuk hingga Hotel Aryaduta, Kuta, Bali. Total jarak tempuh yang dilahap sekitar 150 km.

Dalam perjalanan ini, rombongan juga sempat mampir ke Chocolate House di Bedugul, kawasan pegunungan Pulau Bali. Tentu saja jalur yang ditempuh cukup menantang, mirip Puncak di Jawa Barat, berkelok-kelok, dengan tanjakan curam.

Selepas dari Chocolate House, menuju Kuta, kondisi jalan juga menurun, masih berkelok-kelok, butuh konsentrasi tinggi ketika mengemudi. Dalam kesempatan ini, Kompas.com, mengemudikan Toyota Prius Prime PHEV, bersama tiga rekan media lainnya.

Baca juga: Kupas Seberapa Mahal Biaya Servis Mobil Hybrid Toyota

Mobil paling irit tentu saja Prius Prime PHEV, karena teknologinya yang lebih canggih sehingga bisa tembus 50 kpl.TOYOTA Mobil paling irit tentu saja Prius Prime PHEV, karena teknologinya yang lebih canggih sehingga bisa tembus 50 kpl.

Semua mobil peserta tes kali ini, juga diisi oleh empat orang dewasa. Kondisi kabin tetap full AC, dengan karakter berkendara yang wajar, alias normal mode. Bukan eco drive atau sengaja mengurut pedal gas demi mendapatkan konsumsi BBM yang irit.

Hasilnya, mobil peserta yang paling irit, adalah Prius Prime PHEV yakni mencapai 46 kpl dan 55 kpl (ada dua unit). Pringkat kedua yang, adalah Toyota C-HR Hybrid dengan catatan, 28 kpl, 24 kpl dan 22 kpl. Kemudian, model yang baru saja meluncur Toyota Corolla Altis Hybrid, yakni 26 kpl.

Sementara, terboros adalah Camry Hybrid dengan 18,4 kpl dan Alphard Hybrid 15 kpl.

Seluruh data yang diperoleh diambil dari masing-masing panel meter tiap kendaraan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X