Honda Astrea Star Biru, Bebek Retro yang Jadi Incaran

Kompas.com - 11/10/2019, 12:23 WIB
Honda Astrea Star Biru KOMPAS.com/GilangHonda Astrea Star Biru
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi kembali menghadirkan foto sepeda motor spesial (collectible item) dalam bentuk goresan sketsa karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni ini hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Kali ini, pada pekan ke-27 awak redaksi menghadirkan goresan sketsa motor Honda Astrea Star. Motor bebek legendaris Honda di era 80'an yang dua tahun belakangan ini kembali dilirik para pecinta motor tua khsusunya bebek retro.

Baca juga: Top of Mind, Honda NSR 150SP

Honda Astrea Star BiruKOMPAS.com/Gilang Honda Astrea Star Biru

 

Tren kembalinya motor bebek tua mencapai puncaknya pada 2018 lalu. Model yang populer kebanyakan dari Honda khususnya Astrea Series mulai Star, Prima, dan Grand terutama Grand dengan bokong lurus alias Bulus alias ''pantat monyet.''

Kembali ke Astrea Star, sketsa di atas ialah Star warna biru yang populasinya lumayan sedikit. Umumnya Astrea Star berwarna hitam dengan sayap putih. Adapun beberapa warna lain yang lumayan langka ditemui yaitu warna merah, emas dan silver.

Honda Astrea Star BiruKOMPAS.com/Gilang Honda Astrea Star Biru

Arif Syahbani, yang sempat memelihara Astrea Star biru mengatakan populasi motor itu memang tak sebanyak warna lain.

Begitu tren merebak lagi, Star biru jadi buruan ''pengangon bebek'' karena tampangnya yang kalem tapi ganteng.

"Star saya tahun 1986. Waktu itu saya dapatnya di Cirebon, Jawa Barat. Iya yang warna biru emang tidak banyak. Harganya waktu itu (2017) Rp 5 juta. Kalau sekarang bisa mahal ya," kata Arif kepada Kompas.com, Kamis (10/10/2019).

Baca juga: Lambretta LI, Skuter Jadul yang Harganya Selangit

Honda Astrea Star BiruKOMPAS.com/Gilang Honda Astrea Star Biru

Pantauan Kompas.com, di salah satu acara otomotif di Parkir Timur Senayan, beberapa waktu lalu, Honda Astrea Star kondisi lumayan sudah dibanderol Rp 8 juta. Adapun di lapak online, kondisi restorasi ''rapih jali'' bisa tembus belasan juta.

Astrea Star merupakan penerus Honda 800 (Asdap) dan pendahulu Honda Astrea Prima. Perbedaan dengan Prima yakni, suspensi depannya masih model ayun warisan C70, suspensi belakangnya juga masih model ulir sedangkan di Prima sudah selongsong.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X