Koleksi VW Karmann Ghia, Hobi Puan Maharani Menurun dari Bung Karno

Kompas.com - 03/10/2019, 09:02 WIB
Volkswagen Karmann Ghia versi atap terbuka thelastdetail.comVolkswagen Karmann Ghia versi atap terbuka

JAKARTA, KOMPAS.comPuan Maharani telah resmi menjabat sebagai Ketua DPR RI periode 2019-2024 pada Selasa (1/10/2019). Sebelum dilantik, ia melaporkan daftar harta kekayaan melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Menariknya, dalam laporan itu disebutkan bahwa putri Megawati itu memiliki sejumlah koleksi mobil dan motor. Salah satunya yaitu Volkswagen Karmann Ghia keluaran 1961 yang ditaksir senilai Rp 65 juta.

Hobi Puan mengoleksi mobil klasik disinyalir merupakan turunan dari sang kakek, Presiden pertama Indonesia Soekarno. Sebab ‘Bung Karno’ seperti diketahui juga hobi mengoleksi beberapa mobil klasik, khususnya dari merek VW.

Baca juga: Koleksi Mobil Ketua DPR RI Puan Maharani, Tembus Rp 1,5 Miliar

Volkswagen Karmann Ghia, salah satu mobil klasik yang keberadaannya tergolong langka di Indonesia.Kompas.com/Alsadad Rudi Volkswagen Karmann Ghia, salah satu mobil klasik yang keberadaannya tergolong langka di Indonesia.

“Bung Karno adalah salah satu penggemar VW, dalam banyak kesempatan sering terlihat dia naik VW,” ucap Didit Soedarto, Ketua Harian 1 Volkswagen Indonesia Association kepada Kompas.com (2/10/2019).

“Bahkan salah satu Kodok punya saya, setelah ditelusuri asal usulnya, ternyata bekas Bung Karno,” katanya.

Didit mengatakan, hobi koleksi mobil klasik yang dilakukan Puan bisa jadi menurun dari sang kakek. Sebab mantan presiden Soekarno disebut punya beberapa VW, namun ia tidak bisa memastikan apakah Karmann punya Puan merupakan warisan langsung Bung Karno.

Baca juga: Intip Koleksi Mobil 4 Wakil Ketua DPR Periode 2019-2024

Ilustrasi Volkswagen Karmann Ghiagearpatrol.com Ilustrasi Volkswagen Karmann Ghia

“Bisa jadi, bukan tak mungkin hobi VW-nya menurun ke anak cucu,” ujarnya.

Untuk diketahui dalam gelaran Jambore Nasional VW yang digelar 27-29 September 2019 lalu, dipajang VW Karmann Ghia ex Presiden Soekarno. Mobil itu disebut Didit keluaran tahun 1962 dan dalam kondisi yang sangat prima.

“Karena Pak Karno itu dulu kan punya beberapa VW Beetle dan Karmann, tapi Karmann punya Pak Karno yang setahu saya tahun 1962, enggak tahu juga kalau ada yang lain,” ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X