Karma Jadi Bukti IKM Otomotif Indonesia Berkualitas

Kompas.com - 01/10/2019, 10:22 WIB
Pameran Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 berselang selama Sabtu (28/9/2019) sampai Minggu (29/9/2019). KOMPAS.com/RulyPameran Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 berselang selama Sabtu (28/9/2019) sampai Minggu (29/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kegiatan dari Kementerian Perindustrian ( Kemenperin) adalah aktif memfasilitasi kemitraan antara pelaku industri kecil dan menengah (IKM) dengan industri skala besar. Tujuannya tak lain adalah agar daya saing sektor IKM bisa meningkat.

"Langkah strategis yang telah kami lakukan adalah menggelar program link and match antara 100-an IKM komponen otomotif dengan belasan tier agen pemegang merek (APM) dan industri besar," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih, dalam keterangan resminya, di Jakarta, Senin (30/9/2019).

Baca juga: Ini Bedanya IMX 2019 Dibanding Tahun Lalu

Gati menambahkan, ratusan IKM komponen otomotif yang ‘dikawinkan’ tersebut berasal dari sentra-sentra IKM logam di Yogyakarta, Klaten, Tegal, Purbalingga, Jabodetabek dan Jawa Barat.

Menperin Airlangga Hartarto IMX 2019KOMPAS.com/Gilang Menperin Airlangga Hartarto IMX 2019

Dengan dikawinkannya ratusan IKM komponen otomotif dengan belasan Agen Pemegang Merek (APM) dan industri skala besar, maka rantai pasok industri otomotif di tingkat nasional hingga global bisa terisi.

"Tidak hanya mampu dalam memproduksi berbagai komponen maupun aksesoris mobil dan motor dengan standar kualitas yang telah ditetapkan APM, IKM kita juga telah membuktikan kemampuannya dalam berinovasi dan melakukan pengembangan produk komponen otomotif," ujar Gati.

Baca juga: Dihelat Dua Hari, IMX 2019 Sasar Penjualan Lebih Dari Rp 3 Miliar

Salah satu bukti nyata IKM yang kualitasnya tak kalah dengan pabrikan terlihat di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2019, beberapa waktu lalu, yang digagas oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).

Beberapa produk aftermarket buatan Indonesia sudah ada yang dijual di negara-negara lain. Salah satunya adalah Karma body kit yang telah merambah pasar otomotif di Amerika Serikat.

Karma Body Kit meluncurkan produk baru yaitu paket tambahan eksterior untuk Lamborghini Avantador di IMX 2019KOMPAS.com/Gilang Karma Body Kit meluncurkan produk baru yaitu paket tambahan eksterior untuk Lamborghini Avantador di IMX 2019

Gati menegaskan, IKM memiliki peran penting dalam memproduksi komponen original equipment manufacturer (OEM) maupun memenuhi kebutuhan aftermarket untuk pasar domestik dan eskpor.

“Tidak hanya mampu dalam memproduksi berbagai komponen maupun aksesoris mobil dan motor dengan standar kualitas yang telah ditetapkan APM, IKM kita juga telah membuktikan kemampuannya dalam berinovasi dan melakukan pengembangan produk komponen otomotif," kata Gati.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X