Bulan Ini, Tilang Elektronik Berlaku di Jalan Tol dan Jalur Transjakarta

Kompas.com - 01/10/2019, 06:42 WIB
Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol Jabodetabek Jasa MargaJasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol Jabodetabek

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan aturan tilang elektronik alias electronic traffic law enforcement (ETLE) akan diperluas hingga ke sejumlah ruas jalan Tol dan jalur Transjakarta.

Dalam menegakan aturan ini, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, bekerjasama dengan PT Jasa Marga dan PT Transportasi Jakarta. Aturan ini akan berlaku pada Oktober 2019 ini.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir mengatakan, perluasan aturan ini dilakukan demi meningkatkan pelayanan dan kedisiplinan para pengguna kendaraan bermotor di ruas jalur Transjakarta dan jalan bebas hambatan.

Baca juga: Fitur Canggih Kamera Tilang Elektronik di Jalan Tol

"Penerapannya pada Oktober 2019, kita lihat dulu bagaimana nanti hasilnya dan segala persiapan sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu, seperti memasang kamera CCTV dan lain-lain," ucap Nasir ketika dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol JabodetabekJasa Marga Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol Jabodetabek

ETLE di Jalur Transjakarta

Tangkapan layar video berdurasi 46 detik yang menunjukkan seorang pengemudi mobil dengan pelat nomor A 1099 ZG nekat menyerobot jalur transjakarta.KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA Tangkapan layar video berdurasi 46 detik yang menunjukkan seorang pengemudi mobil dengan pelat nomor A 1099 ZG nekat menyerobot jalur transjakarta.

Nasir melanjutkanm, kamera CCTV sudah dipasang di dua titik, yaitu koridor Pasar Minggu dan Mampang. Semua kendaraan kecuali yang mendapatkan pengecualian akan dikenakan tilang elektronik apabila nekat melintas di Busway.

Baca juga: Bulan Depan, 12 Koridor Transjakarta Terpasang Kamera ETLE

Aturan ini juga berlaku untuk sepeda motor. Beda dengan tilang elektronik yang diberlakukan di sepanjang jalan Sudirman, dan jalan Tol, karena fokus kepada pengguna mobil.

ETLE di Jalan Tol

Uji coba sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) dengan penambahan empat fitur terbaru mulai diberlakukan pada Senin (1/7/2019) ini di 10 titik di ruas Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin.RINDI NURIS VELAROSDELA Uji coba sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) dengan penambahan empat fitur terbaru mulai diberlakukan pada Senin (1/7/2019) ini di 10 titik di ruas Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin.

Nasir saat ini terdapat 10 kamera ETLE telah dipasang di beberapa lokasi jalan tol, mulai dari ruas Tol Jagorawi /Cibubur yang terdapat dua titik kamera di kedua arah.

Dua titik kamera di ruas Tol Jakarta – Cikampek di kedua arah, satu titik kamera di Ruas Tol Jakarta - Tangerang (Janger), dan satu titik Kamera di Ruas Tol Tomang - Bandara (Prof. Sedyatmo).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X