Pilihan Mobil Keluarga Bekas Mulai Rp 70 Jutaan

Kompas.com - 21/09/2019, 15:55 WIB
Mobil bekas rental Blue Bird Stanly/OtomaniaMobil bekas rental Blue Bird
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bekas selalu menjadi alternatif bagi masyakarat yang ingin mencari kendaraan roda empat dengan dana terbatas. Apalagi pilihannya pun beragam, tinggal menyesuaikan isi dompet yang dimiliki.

Nah, bagi yang sedang mencari mobil bekas jenis keluarga, pilihannya ada banyak. Bahkan kisaranya pun bervariasi, ada yang mulai dari Rp 70 jutaan sampai Rp 100 jutaan.

Menurut Ridwan, pemilik showroom mobil bekas di kawasan Cipinang, Jakarta Timur, untuk jenis mobil keluarga sebenarnya ada banyak merek, tapi kalau dari sisi harga di bawah Rp 100 juta, rata-rata di dominasi mobil-mobil tahun lawas yang secara kilometer juga sudah cukup tinggi.

Baca juga: Mau Beli Mobil Bekas Harga Rp 80 Jutaan, Lihat Opsinya

"Mungkin mobil di atas 10 tahun baru dapat yang harganya di bawah Rp 100 jutaan. Mereknya banyak, ada Avanaza- Xenia juga, atau mau yang lebih besar seperti Kijang juga ada," ucap Ridwan saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (21/9/2019).

Pasar mobil bekas di bulan RmadhanStanly/Otomania Pasar mobil bekas di bulan Rmadhan

Untuk Avanza, keluaran 2007 sampai 2008 menurut Ridwan harganya masih berada di bawah Rp 90 jutaan. Untuk tipe 1.3 G yang pernah dijualnya sebesar Rp 87 juta dengan kondisi eksterior 75 persen sementara fungsi dan mesin 80 persen.

Sedangkan Xenia sendiri, keluaran 2007 transmis manual sudah dibanderol dengan harga Rp 70 juta sampai Rp 75 jutaan. Tapi secara kondisi juga tidak terlalu mulus, bisanya ekterior sekitar 70 persen, begitu juga interior dan mesin.

Ada juga Nissan Livina tahun 2006 sampai 2007 yang dibanderol dengan harga Rp 70 juta sampai Rp 80 jutaan. Tapi menurut Ridwan, Livina secara tren kurang disukai karena masalah perawatan yang cenderung mahal.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Bekas Rp 100 Jutaan, Ada Avanza dan Xenia Juga

"Paling kalau sudah 10 tahun itu yang rawan di sektor kaki-kaki, harus ada pengecekan dan perbaikan. Unitnya ini memang sedikit, karena secara peredaran sudah cukup lama. Untuk Kijang juga ada yang Rp 85 sampai Rp 90 jutaan tahun tua, sekitar 2004 sampai 2005, itu pun manual bensin biasanya," ujar Ridwan.

Sebelumnya, Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, juga mengatakan untuk rentang harga di bawah Rp 100 juta untuk jenis MPV memang banyak, tapi secara kondisi jarang yang di atas 90 persen.

Mobkas MGKStanly/Otomania Mobkas MGK

Bahkan pilihannya bukan hanya seperti Avanza, Xenia, dan Innova saja, ada juga mobil asal Korea Selatan seperti Kia Carnival Diesel lansiran 2002 sampai 2003 yang dipasarkan mulai dari Rp 70 jutaan, atau beralih ke mobil SUV Amerika yang mengusung konsep tiga baris, yakni Ford Everest keluaran 2005-2006 dengan harga Rp 90 juta sampai Rp 100 jutaan.

"Sebenarnya kalau terlalu tua barangnya sedikit susah, contoh Carnival itu kan susah karena populasinya sedikit. Kalau pun ada paling kondisi jadi tanda tanya, tapi memang dari harga beli terjangkau, tinggal tergantung konsumen saja, balik ke selara," kata Herjanto.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X