Mirip Presiden Jokowi, BJ Habibie Punya Hobi Naik Moge

Kompas.com - 12/09/2019, 06:42 WIB
BJ Habibie Naik Moge Kesayangannya dok.Museum MandiriBJ Habibie Naik Moge Kesayangannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Sisi lain dari Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, yaitu suka dengan dunia otomotif. Pria kelahiran Parepare 25 Juni 1936 itu ternyata dulu memiliki hobi touring menggunakan sepeda motor besar (moge).

Hobi ini ternyata sama seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang suka touring pakai moge. Beberapa kali Jokowi melakukan kegiatan touring di Sukabumi, Jawa Barat, dan Tangerang, menggunakan motor kustomnya.

Baca juga: Sisi Lain Habibie, Koleksi Banyak Mobil Klasik

Bedanya, presiden ketiga RI ini lebih suka mengendarai moge merek Amerika Serikat (AS), yaitu Harley-Davidson. Moge kesayangannya, yakni HD Badboy dan Softail Springer.

BJ Habibie Bonceng Soeharto di Istana Negaraistimewa BJ Habibie Bonceng Soeharto di Istana Negara

Berdasarkan foto yang beredar, BJ Habibie pernah membonceng presiden Soeharto di Istana Negara. Keduanya menggunakan perlengkapan seperti helm, jaket dan juga sepatu ketika berkeliling naik motor.

Moge yang digunakan BJ Habibie itu merupakan Suzuki VS400 Intruder milik Presiden Soeharto. VS400 Intruder yang pernah dinaiki BJ Habibie dan Soeharto masih terawat baik hingga kini.

Pameran Telkomsel IIMS 2019 memperlihatkan motor-motor milik Presiden Republik IndonesiaKompas.com/Setyo Adi Pameran Telkomsel IIMS 2019 memperlihatkan motor-motor milik Presiden Republik Indonesia

Suzuki Intruder VS400 merupakan generasi penerus dari Intruder Classic VL400. Motor ini mulai beredar sekitar 1994 di Indonesia.

Selain HD, koleksi moge BJ Habibie juga terdiri dari merek seperti BMW, Honda, hingga Kawasaki. Rata-rata modelnya langka, karena tidak semua orang bisa memiliki moge itu.

Suzuki Intruder VS400 milik mantan presiden Soeharto masih terawat hingga sekarang.Kompas.com/Donny Suzuki Intruder VS400 milik mantan presiden Soeharto masih terawat hingga sekarang.

Presiden ketiga RI ini meninggal dunia pada Rabu 11 September 2019 di RSPAD Gatot Soebroto, pukul 18.03 WIB. Menurut sang putra, Thareq Kemal Habibie, ayahnya sudah tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi, salah satunya, yaitu jantung.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X