Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mirip Presiden Jokowi, BJ Habibie Punya Hobi Naik Moge

JAKARTA, KOMPAS.com - Sisi lain dari Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, yaitu suka dengan dunia otomotif. Pria kelahiran Parepare 25 Juni 1936 itu ternyata dulu memiliki hobi touring menggunakan sepeda motor besar (moge).

Hobi ini ternyata sama seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang suka touring pakai moge. Beberapa kali Jokowi melakukan kegiatan touring di Sukabumi, Jawa Barat, dan Tangerang, menggunakan motor kustomnya.

Bedanya, presiden ketiga RI ini lebih suka mengendarai moge merek Amerika Serikat (AS), yaitu Harley-Davidson. Moge kesayangannya, yakni HD Badboy dan Softail Springer.

Berdasarkan foto yang beredar, BJ Habibie pernah membonceng presiden Soeharto di Istana Negara. Keduanya menggunakan perlengkapan seperti helm, jaket dan juga sepatu ketika berkeliling naik motor.

Moge yang digunakan BJ Habibie itu merupakan Suzuki VS400 Intruder milik Presiden Soeharto. VS400 Intruder yang pernah dinaiki BJ Habibie dan Soeharto masih terawat baik hingga kini.

Suzuki Intruder VS400 merupakan generasi penerus dari Intruder Classic VL400. Motor ini mulai beredar sekitar 1994 di Indonesia.

Selain HD, koleksi moge BJ Habibie juga terdiri dari merek seperti BMW, Honda, hingga Kawasaki. Rata-rata modelnya langka, karena tidak semua orang bisa memiliki moge itu.

Presiden ketiga RI ini meninggal dunia pada Rabu 11 September 2019 di RSPAD Gatot Soebroto, pukul 18.03 WIB. Menurut sang putra, Thareq Kemal Habibie, ayahnya sudah tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi, salah satunya, yaitu jantung.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/12/064200315/mirip-presiden-jokowi-bj-habibie-punya-hobi-naik-moge

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke