Mobil Jokowi Mogok, Berikut Analisa Kerusakannya

Kompas.com - 06/09/2019, 10:09 WIB
Mobil dinas kepresidenan mogok di Bundaran Digulis Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat. IstimewaMobil dinas kepresidenan mogok di Bundaran Digulis Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Barat pada Kamis (5/9/2019), Mercedes-Benz S-Class S600 berplat RI 1 yang ditumpangi Presiden Joko Widodo mogok.

Mercy tersebut tidak bisa melanjutkan perjalanan, dan Jokowo pindah ke mobil cadangan Toyota Alphard untuk melanjutkan perjalanan kunjungan kerja.

“Ya biasa. Kan sudah lebih dari 10 kali mogok,” kata Jokowi seperti ditulis Kompas Regional, usai pembagian sertifikat hak atas lahan di Pontianak, Kalbar.

Beragam spekulasi pun bermunculan mengenai penyebab mogoknya Mercedes-Bens S-Class S600 Pullman Guard yang ditumpangi mantan Gubernur DKI itu.

Baca juga: Cerita Lengkap Mobil Jokowi Mogok Lagi, Sudah 10 Kali hingga Hilang Tenaga Saat Mundur

Mobil Presiden Joko Widodo saat meninggalkan kompleks Keben, Keraton Ngayogyakarta HadiningratKOMPAS.com / Wijaya Kusuma Mobil Presiden Joko Widodo saat meninggalkan kompleks Keben, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Hermas Efendi Prabowo, Pemilik Bengkel Spesialis Worner Matic, saat dihubungi Jumat pagi (6/9/2019), mengungkapkan beberapa analisanya terkait masalah tersebut.

“Kalau dari info yang ada, kita masih belum jelas penyebab mobil presiden mogok. Apakah karena mesinnya tidak bisa dihidupkan sama sekali, atau bisa dihidupkan, tetapi ketika transmisi dipindahkan ke D atau R, mobil tidak bisa jalan,” jelas Hermas kepada Kompas.com.

Menurutnya jika yang terjadi adalah gejala pertama, yakni mesin sama sekali tidak bisa hidup. Artinya masalah mungkin berada di mesin, yang meliputi pengapian, pendinginan, elektrikal, dan sebagainya.

Baca juga: Mobil Jokowi Mercedes Benz S600 Guard Anti Peluru dan Ledakan Bom

Mobil dinas presiden terpilih Joko Widodo Mercedes Benz.Ican Ihsannuddin Mobil dinas presiden terpilih Joko Widodo Mercedes Benz.

Sementara jika yang terjadi adalah gejala yang kedua, mobil tidak bisa jalan meski tuas transmisi sudah dipindahkan. Berarti sistem kerja transmisi otomatis disinyalir bermasalah.

“Jika penyebab ada di transmisi matiknya, artinya ada yang bermasalah dengan sistem mekanis, hidrolis, elektrikal, atau komputernya. Itu hal yang wajar mengingat mobil dinas presiden sudah berusia 10 tahun,” terang Hermas.

Baca juga: Tak Semua Orang Bisa Beli Mobil Jokowi Mercedes Benz S600 Guard

Mesin mobil tetap bisa menyala asalkan sistem pengapian, atau pendinginan berjalan dengan baik.

Sedangkan sistem transmisi tidak demikian, Hermas mengatakan transmisi otomatis memiliki working hours, atau masa kerja.

“Jika sudah mencapai batas kilometer tertentu, transmisi matik butuh perbaikan total atau servis besar. Apalagi mobil dinas presiden saya kira dalam sehari bisa menempuh puluhan kilometer, pasti sekarang kilometernya sudah sangat banyak,” jelas Hermas.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X