Catat, Pelat Nomor Dinas Tidak Bisa Dipakai Warga Sipil

Kompas.com - 27/08/2019, 10:22 WIB
Mobil dengan pelat dinas TNI ugal-ugalan di tol Tangerang KOMPAS.com/GilangMobil dengan pelat dinas TNI ugal-ugalan di tol Tangerang
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perilaku pengemudi ugal-ugalan menggunakan mobil pelat nomor instansi pemerintah, bukan kali pertama terjadi. Contoh terakhir, yaitu pemilik Toyota Innova harus diamankan petugas karena menggunakan pelat dinas TNI palsu di ruas jalan Tol Tangerang.

Setelah diberhentikan dan diperiksa, pengemudi mobil Innova warna hijau berpelat TNI lengkap dengan sirine itu diketahui bukan anggota TNI alias gadungan.

Baca juga: Sikap Tepat Menghadapi Mobil Pelat Dewa di Jalan

Perlu diketahui, tidak semua orang bisa mendapatkan pelat nomor dinas instansi pemerintah, termasuk pelat TNI atau kepolisian.  Sebab, penggunaannya sudah diatur dalan undang-undang yang berlaku.

Dir Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra menjelaskan, pengeluaran pelat nomor kendaraan sudah diatur di dalam Undang-undang.

Polres Bogor Berhasil Menindak Pelajar yang Ugal-ugalan di jalan Puncak Pakai Mobil Berpelat Nomor DewaFoto: Istimewa Polres Bogor Berhasil Menindak Pelajar yang Ugal-ugalan di jalan Puncak Pakai Mobil Berpelat Nomor Dewa

"Untuk kendaraan yang gunakan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) biasa, nomor sipil, nomor rahasia, dan nomor khusus, diatur dalam UU No. 22 Tahun 2009 dan Perkap No. 5 Tahun 2012," ujar Halim, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ugal-ugalan di Jalan Bakal Kena Denda Jutaan Rupiah atau Dibui

Nopol tersebut khusus untuk orang tertentu, seperti pejabat negara atau instansi terkait dan tidak bisa digunakan oleh warga sipil. Sebab, itu merupakan suatu fasilitas yang diberikan oleh pemerintah kepada jabatan tertentu.

Khusus untuk TNI, pelat nomor dengan akhiran D itu menunjukan Angkatan Darat, RFL untuk Angkatan Laut, RFU untuk Angkatan Udara, dan RFP untuk polisi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X