Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaikindo Buka Pintu buat Esemka Jadi Anggota

Kompas.com - 14/08/2019, 06:22 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) membuka pintu kepada PT Solo Manufaktur Kreasi atau akrab disapa Esemka untuk bergabung menjadi anggota. Syarat utama, harus memenuhi semua persyaratan yang sudah ditentukan.

Ketua Umum Gaikindo Johannes Nangoi mengatakan, asosiasi ini tidak tebang pilih, artinya produsen yang ada di Indonesia boleh menjadi anggota dengan tujuan sama, yaitu memajukan industri otomotif dalam negeri.

"Asalkan persyaratannya bisa dipenuhi dan menurut kami sesuai maka Esemka bisa saja menjadi anggota Gaikindo," ucap Nangoi ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (13/8/2019) malam.

Nangoi melanjutkan, secara langsung belum pernah ada komunikasi dengan Esemka, tetapi jika ingin ikut memajukan otomotif dalam negeri tidak masalah dan pintu untuk menjadi keanggotaan sangat terbuka luas.

Baca juga: Ini Mobil Esemka yang Sudah Siap Meluncur

"Intinya kami akan mendukung semua produsen otomotif yang ada di Indonesia," kata dia.

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara pernah mengatakan, salah satu kewajiban utama dari anggota, yaitu ikut membantu dan berupaya untuk memajukan industri otomotif nasional.

“Kemudian memberikan berbagai informasi yang terkait dengan poin-poin tersebut, di antaranya data-data produksi, wholesales, retail serta ekspor. Data tersebut juga diperlukan oleh pemerintah untuk menentukan berbagai kebijakan industri otomotif nasional,” kata Kukuh kepada Kompas.com, Minggu (18/2/2018).

Selanjutnya, Jongkie D Sugiarto sebagai Ketua I Gaikindo menambahkan, kewajiban lain yang harus dipenuhi anggota, yaitu membayar iuran, duduk di kepengurusan, menghadiri rapat internal maupun dengan instansi pemerintah, kemudian menyampaikan masukan untuk kemajuan industri otomotif Indonesia.

Sementara terkait dengan hak anggota Gaikindo, Jongkie mengatakan, mendapat informasi selengkap-lengkapnya mengenai industri otomotif Indonesia serta duduk di kepengurusan Gaikindo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com