Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Indonesia Recall 7.330 Unit Karena Airbag Takata

Kompas.com - 12/08/2019, 17:40 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali mengumumkan program penarikan kembali alias recall airbag inflator Takata. Meski program lanjutan, tapi perbaikan kali ini merupakan kampanye dari mobil-mobil yang sebelumnya juga sudah di-recall.

"Ini kampanye lanjutan, tapi yang ditarik adalah unit yang sebelumnya sudah di-recall dengan masalah yang sama pada airbag inflator Takata, bukan unit baru," kata Manager Public Relations PT Honda Prospect Motor (HPM) Yulian Karfili, saat dihubungi Kompas.com, Senin (12/8/2019).

Menurut Yulian, Honda menemukan bahwa ada komponen airbag inflator pengganti yang digunakan pada kampanye recall unit-unit sebelumnya masih memiliki potensi yang sama, yakni airbag mengembang secara berlebih yang mengakibatkan airbag pecah sehingga dapat membahayakan pengemudi dan penumpang.

Baca juga: Airbag Bermasalah, Toyota Recall 60.000 Rush di Indonesia

Pada program kali ini, total unit yang terdampak sebanyak 7.330 mobil Honda dari beragam jenis yang beredar di Indoensia. Adapun model yang teridentifikasi di dalam program ini meliputi ;

- Accord 2003 : 211 unit
- City 2004 – 2008 : 1.625 unit
- Civic 2001 – 2005 : 668
- CRV 2002 – 2006 : 2.926
- Jazz 2004 – 2008 : 1.362
- Stream 2002 – 2006 : 511

Honda menghimbau bagi konsumen yang memiliki mobil seperti kriteria di atas agar segara datang ke diler resmi Honda untuk melakukan pergantian suku cadang terkait. Surat pemberitahuan langsung kepada pemilik kendaraan juga akan dikirimkan.

Airbag Inflator, komponen yang diganti dalam recall airbag Takataibtmes.com Airbag Inflator, komponen yang diganti dalam recall airbag Takata

Setiap pemilik kendaraan juga dapat melakukan pengecekan sendiri untuk mengetahui apakah mobilnya termasuk kendaraan yang teridentifikasi program penggantian airbag inflator. Caranya dengan membuka laman www.honda-indonesia.com.

Proses penggantian komponen airbag inflator akan dilakukan sekitar satu sampai dua jam, tanpa dikenakan biaya apapun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com