Polisi: Sudah Banyak yang Tahu Ada Perluasan Ganjil genap

Kompas.com - 12/08/2019, 14:05 WIB
Dishub Sosialisasi Ganjil Genap di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019) KOMPAS.com - Walda MarisonDishub Sosialisasi Ganjil Genap di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba perluasan sistem ganjil genap mulai disosialisasikan pada 12 Agustus sampai 6 September 2019. Sedangkan penindakan baru akan berlaku pada 9 September 2019 untuk ruas perluasan.

Selama masa uji coba tersebut, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP mengatakan, tidak akan ada penindakan melainkan imbauan, sesuai kebijakan yang berlaku.

Baca juga: Komentar Tukang Ojek Pangkalan soal Perluasan Ganjil Genap

"Tidak akan melakukan tilang, polisi di tempat hanya melaksanakan imbauan kepada para pemilik mobil. Karena ini masih tahap sosialisasi dan uji coba," kata Nasir kepada Kompas.com, Senin (12/8/2019).

Untuk tahap uji coba ini, Nasir mengatakan sudah banyak pengemudi mobil yang mengetahui soal perluasan ganjil genap. Namun sebagian lagi belum paham. Karena itu sosialiasi selama kurang lebih satu bulan ini cukup penting.

"Sebagian sudah ada yang tahu tapi sebagian lagi juga belum. Biasanya yang tahu dia sudah pernah tahu, pernah dikasih sosialisasi, sedangkan yang belum ya belum tahu. Jadi bentuk sosialisi ini bentuk upaya kita," kata Nasir.

Baca juga: Begini Cara Dishub Sosialisasikan Perluasan Ganjil Genap

Perluasan sistem ganjil genap di Jakarta akan dimulai pada 9 September 2019. Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya mulai hari ini Senin (12/8/2019) melakukan uji coba hingga 6 September 2019.

Total ada 25 ruas jalan di Jakarta yang akan terkena sistem ganjil genap. Sembilan di antaranya merupakan ruas yang sudah diberlakukan atau eksisting, sedangkan 16 ruas lainnya yaitu ruas jalan baru.

Selain penambahan sejumlah ruas jalan baru, ganjil genap akan diberlakukan juga pada 28 ruas atau simpang jalan menuju gerbang tol. Tidak seperti sekarang yang masih dibebaskan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X