MotoGP Austria: Quartararo Beberkan Rahasia Cara Menjaga Performa Ban

Kompas.com - 12/08/2019, 09:22 WIB
Fabio Quartararo berhasil naik podium di GP Austria. MotoGPFabio Quartararo berhasil naik podium di GP Austria.

AUSTRIA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo semakin mantap raih penghargaan pebalap rookie terbaik setelah kembali naik podium peringkat ketiga, di MotoGP Austria. Meski begitu, pebalap tim satelit Yamaha ini mengaku cukup kesulitan mempertahankan posisi ketika balapan berlangsung.

"Tim dan juga saya mengira akan kesulitan selama beberapa lap awal. Kami tidak pernah menyangka bisa memimpin di lima lap pertama," ujar Quartararo, dilansir dari Speedweek.com.

Baca juga: Salip Marquez di Tikungan Terakhir, Dovi: Saya Harus Lakukan Hal Gila

Pebalap asal Prancis tersebut mengaku kesulitan karena memilih ban belakang dengan kompon soft. Ketika Marc Marquez dan Andrea Dovizioso menyalipnya, Quartararo kesulitan untuk mencoba mengejar mereka kembali.

"Mereka punya kecepatan yang lebih baik dari kami, dan pada akhirnya ban saya benar-benar hancur. Kami tidak pernah menyangka bisa naik podium, kami sangat senang," kata Quartararo.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP Usai GP Austria, Dovi Setia Buntuti Marquez

Marquez mulai waspadai persaingan dari Vinales dan Quartararo.MotoGP Marquez mulai waspadai persaingan dari Vinales dan Quartararo.

Saat berada di posisi ketiga, Quartararo juga mendapat tekanan dari Valentino Rossi yang berada tepat di belakangnya. "Saya ingin menjaga kecepatan dan menyisakan ban saya, tapi saya tahu Vale menggunakan ban medium. Setelah beberapa lap, saya berhasil memperbesar jarak kembali," ujar Quartararo.

Quartararo mengaku rahasianya bisa menjaga ban belakang adalah dengan mengurangi putaran mesin 500 rpm lebih rendah dari tim pabrikan, Rossi dan Maverick Vinales, untuk meningkatkan umur mesin. Hasilnya, ban belakang menjadi tidak cepat habis, tapi tentunya mengorbankan top speed.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Speedweek
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X