Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Austria: Quartararo Beberkan Rahasia Cara Menjaga Performa Ban

Kompas.com - 12/08/2019, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Speedweek

AUSTRIA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo semakin mantap raih penghargaan pebalap rookie terbaik setelah kembali naik podium peringkat ketiga, di MotoGP Austria. Meski begitu, pebalap tim satelit Yamaha ini mengaku cukup kesulitan mempertahankan posisi ketika balapan berlangsung.

"Tim dan juga saya mengira akan kesulitan selama beberapa lap awal. Kami tidak pernah menyangka bisa memimpin di lima lap pertama," ujar Quartararo, dilansir dari Speedweek.com.

Baca juga: Salip Marquez di Tikungan Terakhir, Dovi: Saya Harus Lakukan Hal Gila

Pebalap asal Prancis tersebut mengaku kesulitan karena memilih ban belakang dengan kompon soft. Ketika Marc Marquez dan Andrea Dovizioso menyalipnya, Quartararo kesulitan untuk mencoba mengejar mereka kembali.

"Mereka punya kecepatan yang lebih baik dari kami, dan pada akhirnya ban saya benar-benar hancur. Kami tidak pernah menyangka bisa naik podium, kami sangat senang," kata Quartararo.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP Usai GP Austria, Dovi Setia Buntuti Marquez

Marquez mulai waspadai persaingan dari Vinales dan Quartararo.MotoGP Marquez mulai waspadai persaingan dari Vinales dan Quartararo.

Saat berada di posisi ketiga, Quartararo juga mendapat tekanan dari Valentino Rossi yang berada tepat di belakangnya. "Saya ingin menjaga kecepatan dan menyisakan ban saya, tapi saya tahu Vale menggunakan ban medium. Setelah beberapa lap, saya berhasil memperbesar jarak kembali," ujar Quartararo.

Quartararo mengaku rahasianya bisa menjaga ban belakang adalah dengan mengurangi putaran mesin 500 rpm lebih rendah dari tim pabrikan, Rossi dan Maverick Vinales, untuk meningkatkan umur mesin. Hasilnya, ban belakang menjadi tidak cepat habis, tapi tentunya mengorbankan top speed.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com