Royal Enfield Classic 500 Pegasus, Motor Limited yang Diwarnai Protes

Kompas.com - 09/08/2019, 11:09 WIB
Royal Enfield Classic 500 Pegasus Oni FaristiwaRoyal Enfield Classic 500 Pegasus
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi kembali menghadirkan foto sepeda motor spesial (collectible item) dalam bentuk goresan sketsa karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni ini hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Kali ini, pada pekan ke-18 awak redaksi menghadirkan goresan sketsa motor ikonik Royal Enfield Classic 500 Pegasus, motor yang dibuat sebagai penghormatan untuk Royal Enfield WD 125 yang lahir pada 1940'an.

Baca juga: Ural Ambassador Motor Perang Edisi Khusus 75 Tahun

Royal Enfield WD 125 punya sebutan khusus yaitu Flying Flea atau jika diterjemahkan adalah ‘Kutu Terbang.’ Nama itu diberikan sebab motor ini digunakan oleh pasukan terjun payung Inggris di Perang Dunia II.

Royal Enfield Classic 500 PegasusOni Faristiwa Royal Enfield Classic 500 Pegasus

Balik ke Royal Enfield Classic 500 Pegasus, merupakan motor limited edition yang hanya dibuat 1.000 unit. Pasar India mendapat jatah paling banyak 250 unit, sisanya tersebar ke penjuru dunia termasuk Indonesia.

Indonesia mendapat jatah 30 unit, sehingga pemiliknya merupakan ''orang beruntung'' punya RE edisi langka. Motor ini punya dua pilihan warna, Service Brown yaitu warna seragam tentara Inggris Perang Dunia II dan Olive Drab Green.

Apa yang spesial?
Jika ada jenama yang pintar mengangkat sejarahnya sendiri maka itu adalah Royal Enfield. Sebab Classic 500 pada dasarnya adalah RE Classic 500 yang dibubuhi permainan kosmetik untuk menaikkan nilai jual.

Perbedaan model standar dengan Classic 500 Pegassus adalah warna cat tentara, emblem khusus balik ke zaman dulu dan side box berbahan kanvas. Sekilas mirip-mirip, namun warna catnya khusus dan diklaim tidak ada di model lain.

Eksteriornya pun dibuat semirip mungkin dengan Flying Flea. Contohnya ada nomor seri individual yang berbeda di tiap motor, kemudian ada logo Pegasus warna merah marun dan biru yang merupakan lencana Resimen Terjun Payung.

Royal Enfield Classic 500 PegasusOni Faristiwa Royal Enfield Classic 500 Pegasus

Di tutup aki sebelah kiri tersemat stiker ‘Made Like a Gun’ yang sangat terkenal. Slogan ini merupakan peringatan sejarah perusahaan Royal Enfield yang di awal berdirinya memang membuat senjata buat militer Inggris.

Classic 500 Pegassus juga dilengkapi satu set pannier kanvas lengkap dengan logo Pegasus. Sisanya hanya detil elemen untuk menegaskan kesan militer, mulai grip coklat dan tali kulit dengan gesper kuningan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X