Daihatsu Tanggapi Instruksi Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta

Kompas.com - 06/08/2019, 07:12 WIB
Ilustrasi kemacetan Jakarta Stanly/KompasOtomotifIlustrasi kemacetan Jakarta

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Instruksi Gubernur ( Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara dengan cara menerbitkan regulasi pembatasan usia kendaraan bermotor dianggap jitu menekan polusi di Jakarta. Hal ini tentu berdampak bagi semua pihak, apalagi produsen mobil.

Salah satunya adalah Daihatsu, yang konsumennya juga banyak yang masih menggunakan mobil-mobil keluaran lawas, seperti Hi-Jet, Taft, Feroza, dan lain-lain. Bahkan, cukup banyak komunitas Daihatsu yang tersebar di banyak wilayah. Sebab, di dalam Ingub dikatakan kendaraan di Jakarta nantinya usia maksimalnya hanya 10 tahun, rencananya berlaku mulai 2025.

Baca juga: Daihatsu Jamin Ketersediaan Suku Cadang Hingga 15 Tahun

Supranoto, Chief Executive PT Astra International - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), mengatakan, kebijakan tersebut baru saja  diwacanakan. Pihak Daihatsu, kata dia, belum sempat berkoordinasi terkait rencana ini.

Rudy Ardiman, Division Head Marketing Domestik PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menambahkan, bahwa Daihatsu mendukung kebijakan pemerintah. Salah satunya dengan menghadirkan kendaraan dengan gas buang rendah emisi.

"Sebetulnya, kita juga selalu mengupayakan konsumsi bahan bakar yang lebih baik dan juga emisi yang lebih baik," ujar Ardi, di sela-sela acara Sedulur Daihatsu 2019, di Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (3/8/2019).

Baca juga: Peran Penting Komunitas buat Daihatsu

Ardi menambahkan, sebaiknya tidak berspekulasi, karena belum tahu detail peraturannya seperti apa. Daihatsu juga belum mengkaji Ingub tersebut, karena masih baru.

"Jadi, dampaknya kita juga belum tahu. Tapi, intinya kita tetap dukung program pemerintah," kata Ardi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X